Meulaboh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat terus berupaya meningkatkan vaksinasi kepada masyarakat dari kalangan lanjut usia di atas 60 tahun, sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh.

"Peningkatan penyuntikan vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya menindaklanjuti arahan Kementerian Kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 13.235 jiwa warga lanjut usia di atas usia 60 tahun di Kabupaten Aceh Barat, yang ditargetkan mendapatkan penyuntikan vaksinasi booster.

Ia menjelaskan, dari 13.235 sasaran lansia, sebanyak 9.440 warga atau 71,3 persen lansia sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Baca juga: Epidemiolog: Booster kedua penting untuk proteksi maksimal bagi lansia

Baca juga: Dinkes Bali pastikan vaksin penguat kedua untuk lansia sudah siap


Sedangkan warga lanjut usia yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua sebanyak 10.918 atau sebesar 82,5 persen.

Sementara untuk warga lanjut usia di Kabupaten Aceh Barat yang sudah mendapatkan penyuntikan vaksin dosis ketiga sebanyak 5.902 orang atau sebesar 44,6 persen.

Syarifah Junaidah menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah mengeluarkan kebijakan terkait pemberian vaksinasi dosis keempat atau booster kedua kepada lansia berusia di atas 60 tahun.

Hal ini sebagai upaya mitigasi peningkatan kasus dan munculnya subvarian baru COVID-19 baik global maupun nasional, demikian Syarifah Junaidah.*

Baca juga: Yogyakarta hitung ketersediaan vaksin untuk vaksinasi booster lansia

Baca juga: IDI : Boster COVID-19 dosis kedua upaya ekstra lindungi lansia

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022