Sail Tidore 2022 turut berperan mendorong percepatan pembangunan, percepatan ekonomi, dan mempromosikan kekayaan Tidore.
Maluku (ANTARA) - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) membuka pameran nasional dan lokal menjelang puncak kegiatan Sail Tidore yang akan berlangsung pada 26 November mendatang.

"Pameran ini merupakan salah satu bentuk sinergi pusat dan daerah untuk mempromosikan produk unggulan Indonesia sehingga perlu adanya sinergi antarinstansi pemerintah," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis di Maluku, Kamis.

Meski sempat tertunda selama 2 tahun lantaran adanya pandemi Covid-19, pada akhirnya kegiatan ini resmi dibuka oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi pada hari Kamis (24/11) ini.

Zulkifli menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan Sail Tidore 2022 sebagai upaya menggenjot perekonomian daerah melalui promosi potensi Tidore kepada investor dan wisatawan mancanegara.

"Sail Tidore 2022 turut berperan mendorong percepatan pembangunan, percepatan ekonomi, dan mempromosikan kekayaan Tidore ke dunia dengan menampilkan ekonomi daerah dan potensi pariwisata sebagai wajah Indonesia," tuturnya.

Rangkaian acara Sail Tidore 2022 berlangsung pada tanggal 24 hingga 29 November 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Kegiatan-kegiatan selama 6 hari itu menitikberatkan diangkatnya potensi wisata, seni, budaya, produk unggulan, dan investasi, baik dari Tidore maupun dari seluruh Indonesia.

Adapun sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan mulai atraksi, lomba, pentas seni, hingga kegiatan sosial, seperti pelayanan kesehatan masyarakat, kompetisi foto bawah air, dan forum bisnis.

Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia yang mendatangkan para pelayar internasional sejak 2009.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendongkrak popularitas daerah yang memiliki keindahan wisata bahari, budaya, dan sejarah serta mendorong meningkatkan perekonomian daerah dan nasional.

Tidore dan pulau-pulau lainnya di Maluku merupakan pusat emporium rempah-rempah yang ditemukan Tim Ekspedisi Magellan pada abad ke-16 dan terus berkembang menjadi jalur rempah dunia.

Baca juga: Sebanyak 100 UMKM tercatat ramaikan kegiatan Sail Tidore
Baca juga: Infrastruktur dibenahi jelang ajang Sail Tidore

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022