Terima kasih kepada asosiasi serta mitra Kementan, dan seluruh jajaran pegawai Kementan yang turut merasakan bagaimana musibah yang sedang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dengan bentuk bantuan kemanusiaan ini
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) mengirimkan bantuan pangan dan pakaian senilai Rp2,69 miliar hasil dari penghimpunan donasi dari mitra Kementan, pegawai, dan sejumlah asosiasi untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Terima kasih kepada asosiasi serta mitra Kementan, dan seluruh jajaran pegawai Kementan yang turut merasakan bagaimana musibah yang sedang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dengan bentuk bantuan kemanusiaan ini," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Mentan menyampaikan bahwa bencana gempa Cianjur merupakan tanggung jawab bersama yang menguji rasa nasionalisme dan ketakwaan keberagamaan masyarakat Indonesia.

Mentan Syahrul melepas bantuan tersebut dari kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Kamis (24/11) yang akan dikirim langsung ke lokasi bencana. Sebagai informasi total bantuan kemanusiaan yang terkumpul sejumlah Rp 2,69 miliar dalam bentuk bahan pangan berupa, beras, minyak goreng, air mineral, telur, margarin, biskuit dan makanan bayi, serta baju layak pakai.

Kepedulian dan bentuk perhatian tersebut, menurut Mentan, adalah bentuk pengejawantahan nilai-nilai Pancasila dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

"Hari ini kita tunjukkan, kita sebagai umat beragama, sebagai sesama anak bangsa. Jangan dilihat dari kecil-besarnya bantuan tapi bagaimana ketulusan dan kepedulian kita semua untuk meringankan kesedihan mereka. Dan yang penting, mereka tidak merasa sendiri, karena ada kita semua yang siap membantu," kata dia.

Kementan bersama mitra, kata Syahrul, selalu hadir dalam setiap bencana sebagai bentuk hadirnya negara di tengah penderitaan rakyatnya.

Sementara itu, perwakilan Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Johnny Ponto menyampaikan dan mendoakan semoga korban dan warga di Cianjur diberikan kekuatan dan kesabaran.

"Kami dari GAPKI turut prihatin dan berharap apa yang disampaikan Bapak Menteri tadi, warga Cianjur lebih baik lagi kondisinya. Kami turut berpartisipasi menyediakan air mineral, biskuit dan makanan anak-anak. Karena menurut kami, hal itu sangat dibutuhkan warga di sana," kata Johnny Ponto yang juga merupakan CEO PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

Baca juga: Mensos upayakan pemulihan trauma penyintas gempa Cianjur

Baca juga: Menteri Bintang pastikan perempuan dan anak terlindungi di pengungsian


 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022