Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia Adlan Mohd Shaffieq ke Kabupaten Cianjur membawa bantuan senilai Rp750 juta.

"Tadi kedatangan Duta Besar Malaysia memberi bantuan Rp750 jutaan dari warga Malaysia yang ikut merasakan duka cita untuk masyarakat Cianjur," ujar Ridwan Kamil di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Gubernur Jabar: Jepang tawarkan bantuan rehabilitasi gempa Cianjur

Ridwan Kamil mengatakan bantuan tersebut langsung diserahkan kepada Bupati Cianjur Herman Suherman untuk didistribusikan.

Sebelumnya, Ridwan Kamil di Kantor Bupati Cianjur mengimbau pada individu-individu yang berada di pengungsian agar tidak menghadang mobil bantuan relawan.

"Jangan pernah menghadang bantuan dengan alasan apapun. Kalau butuh bantuan atas nama tenda-tenda mandiri, karena jumlah tenda mandiri ini banyak sekali, caranya ada dua," ujar dia.

Baca juga: Gubernur Jabar tugaskan kadis jadi "bapak asuh" korban gempa Cianjur

Pertama, mendatangi posko pengungsian terpusat di alun-alun lapangan. Koordinator bisa mengatur bantuan kepada tanda-tanda kecil yang di sawah-sawah atau di rumah-rumah.

Kedua, mendatangi posko terpusat di Kantor Bupati Cianjur. Ridwan Kamil memastikan segala kebutuhan warga dibantu, sebab gudang logistik di posko pusat ini memadai.

Baca juga: Pemprov Jabar minta pelaku usaha bantu korban gempa Cianjur

"Kita kadang-kadang ada kan informasinya saling-silang yang akhirnya tidak maksimal. Jadi saya sampaikan, pertama, jangan coba-coba untuk menghadang bantuan, pasti ditangkap polisi. Kedua, kalau butuh bantuan hubungi pengungsian terpusat yang terdekat atau datang ke posko di Kantor Bupati Cianjur," ujar dia.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022