Jakarta (ANTARA) - Kami. First hari ini resmi meluncurkan koleksi terbarunya yakni “Sloka Jakarta” yang berkolaborasi dengan influencer Sarah Sofyan.

Baca juga: Wardah persembahkan "Beauty Forward in Unity" di JFW 2023

“Senang sekali rasanya bisa berkolaborasi dengan Kami. yang memiliki kesamaan visi untuk bisa lebih mengenalkan kepada masyarakat akan keindahan budaya nusantara, terutama budaya Betawi melalui motif Batik Jakarta,” kata Sarah saat dijumpai di gerai Kami. di Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat.

“Selain didesain secara istimewa dan elegan, tujuan lain aku dan Kami. meluncurkan “Sloka Collection” adalah untuk lebih mendukung dan melestarikan budaya Betawi agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sehingga kebudayaan ini bisa dirasakan oleh berbagai generasi nantinya,” sambungnya.

Di sisi lain, Owner and Director Kami. Istafiana Candarini alias Irin menjelaskan bahwa “Sloka Collection” ini hadir dengan berbagai motif Batik Jakarta yang dikemas dalam modern look dan tetap mengutamakan elemen tradisional di dalamnya.

Baca juga: Tips pakai khimar untuk pemilik tubuh besar

"Pada koleksi Sloka ini, Kami. berkolaborasi dengan Sarah Sofyan untuk mengenalkan kembali kecantikan budaya Jakarta,” ujar Irin.

“Terlebih motif pada karya ini menggambarkan harmonisasi motif batik Jakarta yang saling melengkapi dan membantu keindahan komposisi ilustrasi batik,” tambahnya.

Produk Sloka di Kami. Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Lebih lanjut, Irin juga menjelaskan alasan pihaknya memilih batik Jakarta. Menurutnya, karena sudah lama tinggal di Jakarta, maka tak ada salahnya untuk melestarikan kain-kain dari Jakarta sendiri.

Baca juga: Gen Z lebih menyukai tampilan fesyen muslim yang "clean" di 2023

“Aku berpikir kita kan sudah sekian lama nih tinggal di Jakarta. Why not kita coba lestarikan, perkenalkan lagi budaya Betawi ke teman-teman,” ungkap Irin.

"Aku ketika buka-buka lagi tentang Betawi, baru tahu ternyata ada berbagai motif yang lucu. Terus kita jadikan inspirasi,” imbuhnya.

Desain “Skoka” terinspirasi dari motif batik dan diambil dari elemen yang mempresentasikan kota Jakarta yang dibubuhkan ke dalam pattern design, seperti motif Buketan, motif Geometri Kembang Kelapa, motif Bondol, motif Monogram Bondol, serta motif Monogram Lace.

Melalui “Sloka Collection”, Irin mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan kolaborasi ini mereka dapat mengenalkan Jakarta lebih luas dengan sebuah karya.

“Koleksi Sloka Batik sendiri adalah bagian dari identitas orang Indonesia saat ini. Sudah sepatutnya setiap orang Indonesia memiliki batik dari seluruh daerah untuk bisa dikenalkan pada momen istimewa,” kata Irin.

“Harapan kami, melalui koleksi Sloka ini, Kami. dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap identitas dan warisan budaya terutama budaya Betawi,” kata Irin.



Baca juga: Ragam tampilan merah muda hadir lewat "Opera Pink" di JFW 2023

Baca juga: Kemendikbudristek dorong kolaborasi pendidikan vokasi dengan industri

Baca juga: "Fashion chic" hingga "classy" ditampilkan di JMFW 2023 bersama Wardah


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022