Siak, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak mengupayakan Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) yang juga Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo membuka kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Siak 2022 di Siak, Riau, Kamis (1/12).

"Kita sudah lakukan lobi sampai tingkat provinsi. Mudah-mudahan apa yang diharapkan yakni kehadiran Ketua Pengurus Besar ISSI yang juga Pak Kapolri di Siak pada pembukaan Tour de Siak bisa terealisasi," kata Sekretaris Daerah Sekretariat Daerah Siak, Arfan Usman di Siak, Jumat. 

Tour de Siak ke-8 kali ini dilaksanakan berbeda dengan yang sebelumnya di mana rutenya diperluas hingga ke Pekanbaru. Jika dulunya etape hanya di Siak, saat ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru dan terbagi dalam tiga etape. 

Baca juga: Riau percepat perbaikan jalan lintas dukung kelancaran Tour De Siak
Baca juga: Gubernur Riau pastikan Tour de Siak tidak ganggu CFD Pekanbaru


Begitu juga dengan penyelenggaraannya. Kali ini dilakukan oleh Dispar Provinsi Riau dan Siak. Sebanyak 13 tim sudah konfirmasi ikut terdiri atas delapan tim dalam negeri dan lima tim luar negeri yang berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina

Untuk Etape I yakni "Siak City Race" keliling Kota Siak Sri Inderapura sebanyak lima putaran dengan jarak 85 kilometer. Start dari Istana Siak dan finis di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi'an Siak pada 2 Desember. 

Etape II yakni Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman. 

Untuk Etape III atau terakhir dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120 kilometer dengan tiga putaran mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatasan Setia Dewa, juga berharap dalam waktu dekat bisa dipastikan Ketua PB ISSI hadir. Pasalnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga tidak bisa hadir pada 1-3 Desember karena promosi wisata di Qatar. 

"Saat ini masih tentatif dari panitia provinsi, Pak Kepala Kepolisian Daerah Riau dan Gubernur Riau juga sudah ke Jakarta untuk mengundang. Dari Kemenparekraf kita harap mungkin ada perwakilan apakah itu wakil menteri atau stafnya," katanya.

Baca juga: Gubernur Riau: 2.000 lebih personel amankan Tour de Siak
Baca juga: Lima tim luar negeri bakal ikuti Tour de Siak 2022

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022