Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka melemah pada perdagangan Jumat, dengan perusahaan ritel di bawah tekanan karena musim belanja liburan dimulai di tengah kekhawatiran ekonomi global yang melambat tajam dan inflasi yang tinggi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,1 persen pada pukul 08.11 GMT, tetapi bertahan di bawah tertinggi tiga bulan yang dicapai awal pekan ini.

Indeks ritel Eropa turun 0,6 persen pada Black Friday, yang memulai musim belanja liburan, meskipun terjadi dengan latar belakang krisis biaya hidup yang memburuk dan gangguan Piala Dunia sepak bola tahun ini.

Indeks ritel adalah salah satu sektor dengan kinerja terburuk di Eropa, dengan penurunan 32 persen sejauh tahun ini.

Baca juga: Saham Eropa dekati level tertinggi 3 bulan, pasar tunggu data PMI

Namun indeks acuan STOXX 600 juga ditetapkan untuk kenaikan enam minggu berturut-turut menyusul tanda-tanda bahwa Federal Reserve (Fed) AS dapat meredam laju kenaikan suku bunga.

Investor pada Kamis (24/11/2022) sebagian besar mengabaikan risalah pertemuan Oktober Bank Sentral Eropa yang menunjukkan pembuat kebijakan khawatir inflasi mungkin semakin mengakar sehingga suku bunga perlu naik lebih lanjut.

Sementara itu data pada Jumat menunjukkan ekonomi Jerman tumbuh sedikit lebih tinggi pada kuartal ketiga dari angka awal yang dinyatakan, didukung oleh belanja konsumen.

Baca juga: Bank-bank di kawasan euro merasa siap hadapi krisis
Baca juga: Bank Sentral Eropa hati-hati pada kebijakan ketat yang terlalu cepat


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022