Hotel terapung tersebut merupakan dukungan akomodasi untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Tidore 2022
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Perhubungan Laut menyiapkan KM Tatamailau sebagai hotel terapung untuk mendukung serta menyukseskan penyelenggaraan Sail Tidore 2022 di Kota Tidore, Maluku Utara, tanggal 24-29 November 2022.

"Hotel terapung tersebut merupakan dukungan akomodasi untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Tidore 2022," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan, Kementerian Perhubungan, Capt. Hendri Ginting dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, KM Tatamailau sebagai akomodasi bagi para peserta untuk tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, pengemudi shuttle bus. Selain itu ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu VIP jika ingin menggunakan fasilitas hotel terapung ini.

KM Tatamailau dapat menampung 1.000 orang yang terdiri dari Kabin Kelas IA berjumlah 7 kamar dan masing-masing dapat diisi 2 orang dengan total sebanyak 14 orang, Kabin Kelas IB berjumlah 10 kamar dan masing-masing dapat diisi 4 orang dengan total sebanyak 40 orang dan Kelas Ekonomi berjumlah sebanyak 946 orang.

Fasilitas di dalam kapal yang merupakan kerja sama Kemenhub dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) itu dapat menunjang aktifitas seperti restoran kapal, mushola, kafetaria, toilet hingga mini market, di sekitar Pelabuhan Soasio juga ada UMKM yang menjual makanan sehingga para penumpang tidak bingung ketika ingin membeli makanan.

Hendri menambahkan guna mendukung penyelenggaraan Sail Tidore 2022, ketersediaan angkutan laut sudah siap Speedboat (87 unit), Perahu Motor (12 unit), Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 105, KN Bacan dari Distrik Navigasi Ambon, KN 494 dari UPP Babang, Kapal Penyeberangan milik BPTD Ambon KN. 324 dan untuk pengamanan dikerahkan Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) KNP. 358 dan KNP. 375.

Selain itu juga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran Sail Tidore 2022, dalam pameran tersebut ditampilkan materi terkait program Tol Laut, Kapal Perintis dan Kapal Ternak.

“Untuk itu Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Hubla sangat siap dan mendukung penuh penyelenggaraan Sail Tidore 2022 ini, petugas kami di lapangan siap melayani untuk menyukseskan penyelenggaraan” kata Hendri.

Baca juga: PLN hadirkan listrik andal untuk sukseskan Sail Tidore 2022
Baca juga: Menpora: Sail Tidore 2022 momentum dunia melihat keindahan Indonesia
Baca juga: TNI AL kerahkan 12 KRI dan seribuan personel dukung Sail Tidore 2022

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022