Kupang (ANTARA) - Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menemukan Ahmad (53) warga Bima Kabupaten Nusa Tenggara Barat dalam kondisi meninggal dunia setelah hilang terseret banjir di Sungai Kleon Desa Tanini Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Korban dilaporkan hilang setelah terseret banjir, pada Kamis (24/11) pukul 10.12 Wita, di Sungai Kleon Desa Tanini Kecamatan Takari. Beberapa teman korban dan warga sempat melakukan pencarian setelah peristiwa terjadi tetapi tidak membuahkan hasil," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sudayana di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan tim SAR yang menerima informasi dari BPBD Kabupaten Kupang langsung menurunkan tim SAR yang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Siaga Wita Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Saidar Rahmanjaya untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban.

Dalam operasi pencarian hari pertama, pada Kamis (24/11), yang dilakukan tim SAR di sekitar lokasi kejadian hingga pukul 18.00 wita juga masih nihil.

Baca juga: Longsor terjang wilayah di Gowa akibatkan dua warga meninggal dunia

Baca juga: Bocah tenggelam di Kuantan Singingi-Riau ditemukan tim SAR meninggal


Operasi pencarian dilakukan tim SAR gabungan dilanjutkan, pada Jumat (25/11), bersama masyarakat Desa Tanini dengan melakukan penyisiran sepanjang Sungai Kleon hingga ke muara sungai berhasil menemukan korban Ahmad (53) dalam kondisi meninggal dunia.

Korban ditemukan tim SAR, pada pukul 12.00 Wita, dalam kondisi meninggal dunia pada koordinat 9°46'51.0"S - 123°54'28,6"E sehingga langsung dievakuasi ke Desa Tanini untuk diserahkan kepada pihak keluarga korban.

"Kami menghimbau agar selama terjadi cuaca buruk agar warga selalu berhati-hati, apabila terjadi banjir sebaiknya untuk tidak memaksakan diri untuk menyeberangi sungai yang dalam kondisi banjir sehingga tidak membahayakan keselamatan warga," kata I Putu Sudayana.*

Baca juga: Tiga pelajar terseret arus sungai di Sukabumi 2 selamat 1 meninggal

Baca juga: Basarnas Kendari: Lansia hilang di Konawe Utara ditemukan meninggal

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022