datanglah ke Kota Tidore yang bersih
Maluku (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi tempat penyelenggaraan Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara karena kotanya bersih.  

"Saya pertama kali ke sini berpesan, datanglah ke Kota Tidore yang bersih, terima kasih memberikan kesan baik," kata Tito saat ditemui di Maluku, Jumat.

Tito merasa terkesan dengan pemilihan Pantai Tugulufa dalam ajang dua tahunan itu karena luas dan pemandangannya indah.

Menurut dia, semua warga, mau mendukung kelancaran acara dengan bergotong royong melakukan persiapan mulai dari mengecat hingga memperbaiki fasilitas.

Baca juga: Pemerintah promosikan produk UMKM olahan rempah untuk wisatawan

"Dengan adanya kerja sama ini penonton bisa merasakan klimaks atau puncak acara pada Sabtu besok (26/11)," harapnya.

Senada dengan Tito, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Sekjen Kemendag) Suhanto memuji sarana dan prasarana yang tersedia terbilang memadai.

"Infrastruktur seperti pelabuhannya, kalau kita lihat bersih dan rapi sehingga diharapkan bisa menjadi contoh bagi kota lain," kata Suhanto.

Sebelumnya, pada 2019, Kota Tidore Kepulauan meraih Piala Adipura kesembilan dari Pemerintah Republik Indonesia khususnya di bidang lingkungan hidup dan kebersihan.

Baca juga: Kemenhub siapkan hotel terapung dukung Sail Tidore 2022

Sail Tidore Expo 2022 resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, Kamis (24/11) di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Acara yang berlangsung pada 24 hingga 29 November 2022 ini diikuti 90 unit usaha kecil dan menengah (UKM) binaan kementerian atau lembaga yang berasal dari luar pulau dan Kota Tidore.

Adapun acara puncak dilaksanakan pada 26 November 2022 yang akan dihadiri oleh sejumlah kementerian dan perwakilan negara luar.

Sejumlah produk yang ditampilkan antara lain makanan dan minuman, fesyen dan aksesori, perawatan kesehatan (healthcare), energi terbarukan (renewable energy), jasa layanan digital perbankan, kosmetik, pariwisata, serta pendidikan.

Baca juga: Sail Tidore 2022 bisa jadi stimulus memperkuat perdagangan antarpulau

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022