Jakarta (ANTARA) - Tim Peduli Bencana Gempa Cianjur DPP PKB menyalurkan bantuan bagi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Kami berharap bantuan tersebut sedikit membantu meringankan beban warga terdampak di masa tanggap darurat ini,” ujar Sekretaris Fraksi PKB Fathan Subchi saat menyalurkan bantuan di Posko Gus Muhaimin Peduli di Desa Sukanagih, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jumat, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Jenazah rombongan TK Al-Azhar teridentifikasi dari foto terakhir

Bantuan tersebut berupa 2.000 paket sembako, biskuit bagi balita, popok, kelengkapan ibu hamil, makanan pendamping ASI, mi instan, air mineral, selimut, terpal, dan tikar.

Menurut Fathan, Tim Peduli Bencana Gempa Cianjur DPP PKB akan terus menyalurkan bantuan bagi para korban gempa di Cianjur itu.

“Kami akan terus bergerak mengonsolidasikan dan menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang terdampak gempa Cianjur,” ujarnya.

Di samping itu, Fathan juga menyampaikan bahwa mereka senantiasa menyampaikan kepada para korban bahwa mereka tidak sendiri, tetapi ada banyak saudara sebangsa dan se-Tanah Air yang akan membantu dan menyertainya, mulai dari proses tanggap darurat, rehabilitasi, hingga rekonstruksi pascabencana.

Saat ini, menurut dia, warga terdampak gempa di berbagai pelosok Cianjur membutuhkan dukungan moral dan materi, apalagi dalam beberapa hari terakhir gempa susulan kerap terjadi. Hal tersebut mengakibatkan secara psikologis, mereka mengalami tekanan berat.

"Di satu sisi, mereka banyak kehilangan anggota keluarga dan hunian akibat gempa. Di sisi lain, mereka juga belum bisa tidur dengan tenang di pengungsian karena gempa susulan terus terjadi,” ujar Fathan.

Ia pun menyampaikan saat ini banyak warga terdampak yang masih membutuhkan kebutuhan dasar, seperti makanan siap saji dan makanan pendukung bagi para balita.

“Perlengkapan bayi seperti popok hingga makanan pendukung sangat diperlukan. Mereka juga membutuhkan kelengkapan bagi para perempuan, mulai dari pakaian hingga pembalut,” ujar dia

Selain Fathan, penyaluran bantuan dari Tim Peduli Bencana Gempa Cianjur DPP PKB itu juga dihadiri oleh anggota Komisi XI DPR RI Ela Siti Nuryamah, anggota Komisi VIII DPR RI Lukman Hakim, Ketua Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Heru Widodo, dan anggota Fraksi PKB pada Dapil Cianjur Neng Eem.

Mereka menyalurkan bantuan ke beberapa titik pengungsian. Di antaranya, Posko Gus Muhaimin Peduli di Desa Sukanagalih, Posko Gus Muhaimin Peduli di Dusun Cibadak, Sukanagih, Pondok Pesantren Hibatussadiyah, dan Posko Gus Muhaimin Peduli di Kantor DPC PKB Cianjur.

Baca juga: Polres Baubau galang dana kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur
Baca juga: Paguyuban istri personel BIN ikut bantu korban gempa Cianjur
Baca juga: BRIN: Bangunan tahan gempa perlu dibangun untuk mitigasi gempa
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022