Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022, yang digelar pada 21-27 November 2022 di wilayah Malang Raya dan diikuti oleh 35 kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ketua Pelaksana Porwanas XIII 2022 Jawa Timur Erwin Muhammad di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa kontingen Jawa Barat ditetapkan sebagai juara umum setelah mendapatkan perolehan sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu.

“Daftar perolehan medali dari sebelas cabang olahraga, urutan pertama Jawa Barat memperoleh sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu," kata Erwin.

Erwin menjelaskan, sementara pada urutan kedua, Provinsi Jawa Timur mengantongi tujuh emas, tiga perak dan empat perunggu, diikuti oleh kontingen Kalimantan Tengah dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu.

Baca juga: Menpora harapkan Porwanas XIII 2022 jadi ajang pemersatu

Pada urutan keempat ditempati oleh Provinsi Papua dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu. Kemudian, Provinsi Lampung dengan satu emas, delapan perak dan lima perunggu.

Sementara Kalimantan Selatan pada urutan keenam dengan memperoleh satu emas, tiga perak dan satu perunggu, Kepulauan Riau, satu emas, satu perak dan satu perunggu, serta Provinsi Bali, meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu.

"DKI Jakarta berada di urutan sembilan dengan satu emas, dan enam perunggu dan urutan ke-10, Jawa Tengah dengan satu emas dan satu perunggu," katanya.

Ia berharap, pada penyelenggaraan Porwanas XIV para kontingen bisa kembali bertemu. Untuk saat ini, belum ada keputusan terkait siapa tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga untuk para wartawan tersebut.

"Pada Porwanas kali ini memang belum memutuskan siapa yang menjadi tuan rumah. Daerah-daerah bisa mengajukan diri pada saat rapat kerja Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) untuk penentuan tuan rumah Porwanas XIV," katanya.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari menambahkan, pelaksanaan Porwanas XIII tersebut sukses digelar atas kerja sama dan kinerja dari PWI Jawa Timur dengan tiga kepala daerah di Malang Raya.

Baca juga: PWI evaluasi Porwanas karena dinilai masih jauh dari sportivitas

"Jawa Timur luar biasa, sukses menjadi tuan rumah. Saya berharap Porwanas berikutnya lebih meriah dan menjadi wadah kerukunan wartawan seluruh Indonesia," katanya.

Pada pelaksanaan Porwanas XIII tersebut, digelar di wilayah Kota Malang dan Kota Batu di 19 tempat dengan mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, di antaranya futsal, sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, dan e-sport.

Gelaran tersebut diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022