Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menggenjot berbagai program transformasi selama pandemi COVID-19 guna memajukan perusahaan perbankan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Fidri menuturkan transformasi Bank DKI berjalan sejak 2021 sehingga perusahaan sektor perbankan itu dapat tumbuh dan bekerja positif saat pandemi COVID-19.

Baca juga: BP BUMD konfirmasi Bahrullah Akbar resmi jabat Komut Bank DKI

"Penghargaan ini tentunya menjadi sebuah apresiasi yang bernilai atas upaya dalam memimpin program Transformasi 5.0 di Bank DKI. Makna kepemimpinan juga menjadi perhatian, karena bagi saya Leadership is Action Not Position," ujar Fidri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Di bawah Fidri, berbagai prestasi kinerja dan ekspansi yang solid mampu dibukukan oleh Bank DKI, tercermin dari catatan laba bersih sebesar Rp726 miliar atau tumbuh 28,83 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada Kuartal III 2022, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Top 100 CEO 2022 dari Infobank.

Selama dipimpin Fidri, Bank DKI terus mengembangkan produk dan layanan khususnya perbankan digital seperti menghadirkan aplikasi JakOne Abank bagi para pelaku UMKM.

Selain itu, Bank DKI juga mengembangkan supper apps JakOne Mobile yang hadir dengan tampilan lebih menarik dan user friendly, serta simple apps JakOne Pay yang semakin memudahkan transaksi non-tunai masyarakat.

Penghargaan ini, diraih Fidri dalam gelaran TOP 100 CEO’s & The Next Leaders Forum 2022 di Jakarta pada 23 November 2022 dan Senior Executive Vice President Bank DKI Ferry Ardiansyah juga menerima penghargaan sebagai TOP 200 Next Leaders in Financial Sectores & Soes 2022 pada ajang yang sama.

Penghargaan TOP 100 CEO 2022 ini, bentuk apresiasi kepada para CEO pilihan Infobank yang berasal dari lima sektor industri, yakni perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menyebutkan bahwa semangat kepemimpinan di bawah Fidri Arnaldy turut mendorong insan Bank DKI untuk terus tumbuh, berkembang di atas rata-rata pertumbuhan perbankan nasional serta terus berinovasi mewujudkan visi sebagai Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera.

Arie menyatakan penghargaan yang diterima oleh Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy ini juga tidak terlepas dari dukungan para pemangku kepentingan lain dan nasabah yang selalu memberikan kepercayaan terhadap produk dan layanan Bank DKI.

Baca juga: Bank DKI raih predikat BUMD dengan pengelolaan arsip sangat baik

"Bank DKI akan terus berkomitmen dalam menghadirkan inovasi dan memberikan layanan terbaik kepada customer, serta siap menyongsong tahun 2023 melalui berbagai inovasi ke arah digitalisasi," tutur Arie.

Disebutkan bahwa ada sejumlah kriteria yang menentukan para CEO yang masuk dalam jajaran Top 100 CEO 2022 ini, berdasarkan rating kinerja perusahaan "Sangat Bagus" versi Infobank, size perusahaan, serta sejumlah faktor pencapaian dan prestasi dari para CEO terpilih, di antaranya keberhasilan memimpin transformasi pada perusahaan, turn round, serta melewati tantangan krisis efek pandemi yang melanda.

Selain penilaian atas kinerja perusahaan dan pencapaian dari para CEO, aspek pengalaman, ketokohan, dan kontribusi CEO terhadap industri pun turut dinilai dalam penghargaan ini.

Sosok Fidri Arnaldy yang menjabat sebagai Direktur Utama Bank DKI sejak 28 Juni 2021, disebut memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun pada bidang perbankan baik konvensional maupun syariah dengan prestasi kinerja terbaik.

Dengan prestasi itu, menambah panjang penghargaan yang didapat Bank DKI sepanjang 2022, perusahaan telah berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi dari beberapa lembaga dengan jumlah total sebanyak 26 penghargaan telah diraih Bank DKI, seperti penganugerahan sebagai peringkat 15 dari 20 Bank Terbaik versi majalah Forbes Indonesia.

Terbaru, Bank DKI berhasil meraih penghargaan sebagai 'The Strongest Big Regional Bank by Capital' dalam CNBC Indonesia Awards 2022.

Bank DKI juga berhasil meraih sejumlah sertifikasi ISO dalam mendukung peningkatan kualitas produk dan layanan, yakni ISO 37001:2016: Sistem Manajemen Anti Penyuapan dari PT TUV Nord Indonesia, ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, dari TUV Rheinland Indonesia, dan ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dari British Standars Institute.

Baca juga: Bank DKI torehkan kinerja positif hasil adaptasi selama pandemi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022