Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita kemarin (Jumat, 25/11) yang menarik untuk disimak mulai dari SAR lanjutkan pencarian 39 orang pada hari kelima pascagempa Cianjur hingga Menkes meminta seluruh pihak untuk bersiap-siap menghadapi prediksi peningkatan kasus COVID-19.

Berikut berita-berita tersebut :

1. SAR lanjutkan pencarian 39 orang pada hari kelima pascagempa Cianjur

Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian terhadap 39 orang yang tercatat masih hilang pada hari kelima, Jumat, pascagempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengatakan, pada hari kelima ini lokasi pencarian terbagi ke dalam tiga area, yakni area Warung Sate Sinta, area RW 1 Desa Cijedil, dan area Kampung Cidadas Desa Cijedil. Ketiga area itu berada di wilayah Kecamatan Cugenang.

2. Shalat ghaib digelar jamaah Masjid Agung Cianjur doakan korban gempa

Jamaah shalat Jumat di Masjid Agung Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar shalat ghaib untuk mendoakan para korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang kota tersebut.

Shalat itu digelar sesaat setelah shalat Jumat, sekitar pukul 12.17 WIB. Saat itu, kondisi jamaah di Masjid Agung Cianjur penuh hingga ke luar ruang utama.

3. Mensos kerahkan kendaraan operasional tembus daerah terpencil Cianjur

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mengerahkan kendaraan operasional berupa mobil berukuran kecil untuk menyalurkan bantuan ke daerah-daerah terpencil yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Hari ini kita akan kerahkan semua kendaraan operasional kita ke sana untuk membantu ke yang kecil-kecil ini (wilayah yang sulit diakses), karena sudah tidak bisa kita angkut (menggunakan kendaraan truk),” kata Risma di Kantor Kemensos, Jakarta, Jumat.

4. Menkes: Bersiap hadapi peningkatan kasus COVID-19 dua pekan ke depan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh pihak untuk bersiap-siap menghadapi prediksi peningkatan kasus COVID-19 yang akan segera terjadi dalam waktu satu atau dua pekan ke depan.

“Kita sudah monitor secara daily (harian), harusnya kalau feeling saya kita akan mencapai puncaknya antara satu atau dua pekan ke depan. Kemungkinan puncaknya itu akan tercapai,” kata Menteri Budi dalam ISICAM 2022 yang diikuti di Jakarta, Jumat.

5. Hari kelima, BNPB: Korban meninggal gempa Cianjur naik jadi 310

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa korban meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, naik menjadi sebanyak 310 orang setelah ditemukan 17 jenazah pada hari kelima proses pencarian pada Jumat (2/11) 2022.

Adapun sebelumnya pada Kamis (24/11), BNPB menyatakan ada 272 korban yang meninggal dunia. Kemudian pada Jumat, ada sembilan jenazah yang ditemukan di area pencarian Warung Sate Sinta dan ada delapan jenazah ditemukan di area Desa Cijedil, Cugenang.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022