Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa dan kabar penting, serta menarik di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 19 November 2022 sampai dengan 25 November 2022, mampu direkam pewarta ANTARA dari lapangan.

Berita-berita yang disajikan dalam kemasan informatif dan menarik pada periode tersebut seperti soal peningkatan kewaspadaan pada agen wisata ilegal, kemudian terkait TMII yang dibuka terbatas, lalu nasib sopir truk pembuang tinja, sampai soal RAPBD 2023 DKI Jakarta, layak untuk diulas kembali Sabtu ini.

Berikut adalah rangkuman berita perkotaan Jakarta selama sepekan terakhir:

1. Pemprov DKI: Waspadai agen perjalanan ilegal jelang libur tahun baru

Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengingatkan masyarakat dan calon wisatawan untuk mewaspadai agen perjalanan ilegal menjelang musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi mengatakan, memasuki bulan November umumnya mulai banyak orang mencari paket liburan yang ditawarkan berbagai agen perjalanan untuk libur akhir tahun dan tahun baru.

Selengkapnya di sini.


2. Pengunjung mulai datangi TMII pada hari pertama pembukaan

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengunjung mulai mendatangi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada hari pertama uji coba pembukaan bagi masyarakat umum.

Salah satu pengunjung asal Tangerang, Andi di TMII Jakarta, Minggu, mengatakan, bahwa dirinya mengaku puas dengan hasil revitalisasi TMII yang semakin baik dari segi fasilitas.

Selengkapnya di sini.


3. Pengemudi truk pembuang tinja di Cawang ditangkap

Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menangkap sopir truk terduga pembuang tinja di saluran air kawasan Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (20/11).

Kepala Bidang Pengawasan dan Hukum Dinas LH DKI Jakarta, Eko Gumelar, di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya berhasil melacak pengemudi truk tinja berinisial E tersebut berdasarkan nomor polisi.

Selengkapnya di sini


4. Warga eks Kampung Bayam dua kali datangi JIS tagih serah terima kunci

Jakarta (ANTARA) - Warga eks Kampung Bayam telah dua kali mendatangi Kampung Susun Bayam yang berada di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin dan Selasa petang, guna menagih serah terima kunci rumah hunian.

Warga duduk di atas terpal yang dibawa hingga ke pintu gerbang Kampung Susun Bayam yang tak kunjung terbuka, meski telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan pada 12 Oktober silam.

Selengkapnya di sini.


5. Food Station pastikan stok beras DKI tak berkurang meski harga naik

Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Food Station Tjipinang Jaya memastikan stok beras di Jakarta tidak berkurang meski harga beras premium di Ibu Kota mengalami kenaikan beberapa hari terakhir.

"Pasokan tidak berkurang. Jumlah stok yang ada di Pasar Induk Cipinang 36.000 ton, terus stok di Food Station ada 12.000 ton. Jadi, total 48.000 ton atau 18 ribu ton di atas batas aman 30 ribu ton," kata Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.


6. Kadis Naker DKI Jakarta sampaikan besaran UMP 2023 Rp4,9 juta

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Kadis Naker) DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2023 DKI Jakarta sebesar Rp4.901.798 atau naik 5,6 persen.

"Saat sidang dewan pengupahan, unsur pemerintah mengusulkan sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022, menggunakan alfa 20 persen, setara dengan Rp4.901.798 atau naik 5,6 persen," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.


7. DPRD-DKI sepakat RAPBD 2023 jadi Rp83,7 triliun

Jakarta (ANTARA) - Badan Anggaran (banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyepakati Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023 menjadi Rp83,7 triliun.

"Alhamdulillah, Banggar DPRD dan TAPD DKI Jakarta pagi ini pukul 03.44 WIB menyepakati Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp83,7 triliun," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi melalui akun Instagramnya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.


8. Penyertaan Modal Daerah 2023 PAM Jaya disetujui Rp324,6 miliar

Jakarta (ANTARA) - Perumda PAM Jaya memperoleh persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta tentang Penyertaan Modal Daerah (PMD) 2023 untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu senilai Rp324,6 miliar.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, melalui Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta pada Kamis (24/11) yang berlangsung hingga Jumat sekitar pukul 03.30 WIB, salah satunya menyepakati usulan PMD untuk Perumda PAM Jaya.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022