Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendapatkan penghargaan Geoportal Terbaik dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada ajang Bhumandala Award Tahun 2022.

Penghargaan yang digelar di Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam dan diterima Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana, mewakili Menteri ESDM, merupakan penghargaan Bhumandala Rajata dan Bhumadala Kencana dengan kriteria Simpul Jaringan Terbaik kategori Kementerian/Lembaga.

Kementerian ESDM dinilai berhasil menyelenggarakan dan mengembangkan pemanfaatan informasi geospasial yang memiliki komponen lima pilar Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) yakni kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia, standar, dan teknologi.

"Mewakili Kementerian ESDM, kami mengucapkan terima kasih kepada BIG atas pemberian anugerah Bhumandala Award dan ini akan memberikan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan kualitas pemanfaatan informasi geospasial agar pemberian informasi kepada masyarakat lebih optimal," ujar Rida usai menerima penghargaan, sebagaimana dikutip dari keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Salah satu sistem informasi geospasial berbasis web yang dimiliki Kementerian ESDM ialah ESDM One Map, yang menampilkan sekitar 110 informasi geospasial tematik (IGT) sektor ESDM yang dapat diakses secara daring.

Dari 110 IGT tersebut, di antaranya data sumber daya setiap jenis energi dan mineral; cadangan potensi energi dan mineral; wilayah kerja/izin usaha pertambangan, migas, dan panas bumi; infrastruktur energi seperti kilang, TBBM, dan gardu induk; serta data kebencanaan geologi seperti kawasan rawan bencana gunung api, gempa bumi, dan gerakan tanah.

ESDM One Map juga telah terintegrasi dengan WebGIS internal Kementerian ESDM lainnya seperti Minerba One Map Indonesia (MOMI), yang mengintegrasikan peta wilayah izin usaha pertambangan dan Migas Data Repository (MDR), yang mengintegrasikan data hulu migas.

Selain itu, ESDM One Map juga telah terintegrasi dengan sistem GIS kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian LHK, BNPB, BIG, BMKG, dan Dishidros TNI AL.

Untuk meningkatkan pemanfaatan dan pengelolaan informasi geospasial ke depan, Kementerian ESDM sudah menyiapkan rencana keberlanjutan pengelolaan informasi geospasial seperti meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di bidang geospasial, pengembangan teknologi untuk mendukung pengelolaan informasi geospasial sektor ESDM, meningkatkan standar data spasial sektor ESDM sesuai dengan kaidah Satu Data Indonesia, serta melengkapi kebijakan yang terkait dengan penyelenggaraan informasi geospasial di Kementerian ESDM.

Bhumandala Award atau Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan pertama kali pada 2014 oleh BIG untuk memberikan apresiasi kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah mengembangkan simpul jaringan secara optimal.

Penghargaan ini diharapkan mendorong K/L dan pemda menyajikan informasi geospasial yang mutakhir, andal, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Kementerian ESDM libatkan "stakeholder" tingkatkan konsumsi listrik

Baca juga: Satya Yudha: Kebijakan Energi Nasional disinkronkan dengan target NZE

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022