Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung dipastikan tampil dalam turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2022 yang akan digelar di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, 7-11 Desember.

PP PBSI dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan telah menerima surat undangan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk Gregoria setelah salah satu dari delapan peserta tunggal putri mengundurkan diri. Namun BWF tidak menyebut pebulu tangkis yang mundur tersebut.

Gregoria sebetulnya saat ini berada di posisi 13 pada rangking BWF World Tour Finals, turnamen yang hanya dapat diikuti delapan wakil terbaik di tiap nomor. Berdasarkan peraturan, Gregoria menempati daftar tunggu nomor pertama.

Gregoria bersyukur bisa mendapat kesempatan tampil di BWF World Tour Finals 2022 meskipun sebatas pemain pengganti. Apalagi dia menjadi pebulu tangkis tunggal putri Indonesia pertama yang tampil di ajang bergengsi itu sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 2018.

"Puji Tuhan senang dan tidak menyangka saya bisa lolos. Setelah Australian Open 2022 posisi saya masih di nomor 13, tetapi karena peraturan ada di daftar tunggu nomor satu," ungkap Gregoria.

"Sekali lagi saya bersyukur bisa main di sana, tetapi saya tidak mau berpuas diri dulu. Pasalnya saya main karena menggantikan posisi pemain lain," kata dia.

Disinggung mengenai waktu persiapan yang singkat, Gregoria mengaku akan memanfaatkan setiap waktu yang ada.

"Waktu persiapan memang mepet. Saya hanya punya waktu kurang dari dua pekan untuk latihan, tetapi saya akan memanfaatkan kesempatan dan waktu sebaik mungkin," kata juara dunia junior 2017 itu.

"Untuk target, pastinya mau yang terbaik di sini," katanya lagi.

Dengan demikian, Indonesia mempunyai enam wakil pada turnamen berhadiah total 1,5 juta dolar AS (Rp23,5 miliar) itu. Sebelumnya, Indonesia sudah terlebih dahulu meloloskan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.


Baca juga: Pelatih sebut tunggal putri PBSI alami peningkatan positif di Sydney
Baca juga: Pelatih bilang fisik Gregoria terkuras habis di final Australian Open
Baca juga: Kalah dari An Se Young, Gregoria runner-up Australian Open 2022
Baca juga: Gregoria melaju ke final pertama tur dunia BWF di Australian Open

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022