Pemulihan bertahap di subkawasan diharapkan dapat lebih dipercepat dan didukung oleh kebangkitan pariwisata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan perlunya memperluas kolaborasi dan memperdalam kerja sama subkawasan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philippines - East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) untuk mencapai visi masa depan yang berkelanjutan.

Dalam jamuan makan malam para delegasi BIMP-EAGA di Pontianak, melalui keterangan di Jakarta, Sabtu, menurut dia komitmen untuk mengoptimalkan momentum menuju pemulihan ekonomi subkawasan harus dipenuhi dengan upaya berkelanjutan.

Dengan demikian, dia berharap pemulihan ekonomi subkawasan dapat dipercepat yang didukung oleh kebangkitan pariwisata seiring dengan meredanya pandemi COVID-19.

"Pemulihan bertahap di subkawasan diharapkan dapat lebih dipercepat dan didukung oleh kebangkitan pariwisata seiring dengan perbaikan kondisi pandemi,” ujar Menko Airlangga.

Adapun, perekonomian BIMP-EAGA tercatat bergerak maju seiring pemulihan perekonomian subregional yang ditunjukkan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,5 persen pada 2022.

Baca juga: Delegasi BIMP-EAGA di Pontianak dijamu sajian menu ikan asam pedas

Dia mengatakan Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) BIMP-EAGA ke-25 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang bertajuk “Mendukung Daya Saing dan Ketahanan Iklim" akan memperkuat konektivitas dan mempercepat transisi menuju ekonomi hijau bagi subkawasan.

"Saya senang kita bisa bersatu kembali dan mengadakan pertemuan langsung dengan Anda semua malam ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalimantan Barat dan semua penduduk Kota Pontianak atas keramahannya dan penerimaan baiknya atas acara ini," ujar Menko Airlangga.

Sementara itu, dalam acara jamuan, keramahan dan kehangatan diperlihatkan oleh Indonesia sebagai tuan rumah melalui penampilan sejumlah tarian yang menghibur seperti Haung, Kidangna, dan Joget Anak Dare.

"Tapi untuk saat ini nikmati makan malam Anda yang lezat, budaya Kalimantan Barat yang indah. Semoga keempat negara dapat mencapai apa yang sudah kita diskusikan dalam Ministerial Retreat. Jangan lupa juga untuk membeli suvenir dari Pontianak ini," ujar Menko Airlangga.

Adapun, jamuan makan malam dihadiri oleh Deputy Minister of Finance and Economy Brunei Darussalam, Chief Director Economic Planning Unit Prime Minister’s Department Malaysia, dan Chairman of Mindanao Development Authority Filipina.

Selain itu, Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Director-General Southeast Asia Regional Department Asian Development Bank (ADB), dan Director of ASEAN Integration Monitoring ASEAN Secretaria, serta para delegasi.

Baca juga: Sutarmidji ajak anggota BIMP-EAGA cari solusi hambatan perdagangan

Baca juga: Penanaman magrove secara digital jadi bagian agenda BIMP-EAGA

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022