Ya, semua maskapai tetap rutin melayani kebutuhan angkutan udara sesuai dengan jadwal keberangkatan masing-masing
Biak (ANTARA) - Tiga maskapai penerbangan udara yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air akan melayani kebutuhan angkutan liburan Natal dan Tahun Baru 2023 penumpang udara di bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Papua.

Informasi diperoleh ANTARA dari layanan komersial PT Angkasapura Biak, Sabtu, menyebutkan jadwal penerbangan udara Garuda Indonesia tujuan Biak-Jayapura dan Biak-Makassar-Jakarta setiap Kamis satu kali penerbangan.

Sedangkan penerbangan Lion Air Biak-Jayapura dan Biak-Makassar dan Jakarta setiap hari satu kali penerbangan dan Sriwijaya Air tiga kali penerbangan sepekan Biak-Jayapura dan Biak-Makassar-Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Biak Francisco Olla mengakui, sampai saat ini pelayanan angkutan udara menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru untuk bandara Frans Kaisiepo Biak masih tetap normal dilayani tiga maskapai penerbangan udara.

Diakuinya, untuk angkutan penumpang udara sampai sekarang belum ada permintaan ekstra flight untuk angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Ya, semua maskapai tetap rutin melayani kebutuhan angkutan udara sesuai dengan jadwal keberangkatan masing-masing," ujar Kadishub Olla menanggapi jadwal penerbangan udara persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru 2023.

Sedangkan untuk angkutan kapal laut menghadapi liburan hari raya Natal dan Tahun Baru, menurut Kadishub Olla, hingga saat ini pihak Dishub sudah berkoordinasi dengan manajemen PT Pelni cabang Biak untuk menyiapkan kebutuhan angkutan Natal dari pelabuhan Biak.

Ia mengakui, setiap tahun biasanya menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru terjadi lonjakan penumpang kapal laut untuk semua rute keberangkatan dari pelabuhan Biak.

"Dishub Biak tetap berharap ada penambahan ekstra angkutan kapal menghadapi liburan Natal dari dan tujuan pelabuhan Biak," harap Kadishub Olla.

Rute tujuan penumpang kapal laut paling dominan Biak-Jayapura dan arah barat Biak- Manokwari, Sorong, Ambon, Ternate, Bitung, Makassar dan Surabaya.

Baca juga: Anggota DPR RI minta bandara Biak tempat transit penerbangan Papua

Baca juga: AP I rencanakan pengembangan fasilitas kargo Bandara Frans Kaisiepo


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022