Solo (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung pengembangan dan pembinaan cabang olahraga esport yang saat ini terus menunjukkan kemajuan baik atlet maupun prestasi.

“Perkembangan esport sangat bagus dengan kemunculan atlet-atlet berbakat, dan beriringan maraknya kompetisi di berbagai tingkat,” kata Ganjar usai membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Esports Jawa Tengah di Pendapa Balai Kota Surakarta, Sabtu.

Menurut dia, esport itu perlu mendapat pembinaan yang lebih serius agar bisa lebih berkembang.

Baca juga: PB ESI lepas atlet untuk berlaga di kejuaraan dunia esport

“Sekarang minat esport datang dari penjuru-penjuru yang ada di Jateng, bahkan sampai pelosok. Ternyata anak berbakat kita punya talenta yang hebat-hebat,” katanya menambahkan.

Pembinaan, lanjut Ganjar, harus dilakukan secara berkesinambungan dan memberikan kesempatan kepada atlet untuk banyak mengikuti kejuaraan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan.

Sementara itu, Ketua Harian Indonesia Esports Association (Iespa) Jawa Tengah Zinedine Alam Ganjar mengatakan bahwa Kejurda Esports kali ini dilaksanakan untuk mencari sekaligus mengasah para atlet Jateng.

Pada juara Kejurda tersebut, lanjut dia, bakal menjadi wakil Jawa Tengah ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Ada lima cabang game yang dipertandingkan, ini sesuai dengan cabang yang akan dipertandingkan dalam PON 2024" katanya.

Baca juga: EVOS jalin kolaborasi program merdeka belajar dengan FMIPA UI
Baca juga: SES Alfaink dan RRQ Kazu matangkan taktik di Bangkok jelang FFWS 2022


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022