Doha (ANTARA) - Qatar menyulap salah satu taman tertuanya, Al Bidda Park, menjadi lokasi FIFA Fan Festival sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Al Bidda Park yang terletak di jantung kota Doha dan kerap disebut denyut nadi utama Qatar mampu menampung hingga 40 ribu orang. Sejarah lokal menyebutkan bahwa Al Bidda Park, yang dulunya bernama Al Rumailah Park, bahkan muncul dalam catatan pada 1681.

ANTARA berkesempatan menyambangi FIFA Fan Festival pada Sabtu, yang bisa dijangkau melalui tiga stasiun Metro terdekat yakni Al Bidda, Corniche, dan West Bay-Qatar Energy. Untuk Stasiun Al Bidda dilewati Metro jalur Hijau dan Merah, sedangkan Corniche dan West Bay-Qatar Energy hanya dilalui Metro jalur Merah.

Stasiun Corniche jelas jadi titik turun terdekat sebab ia tepat berada di dalam kawasan FIFA Fan Festival, sementara bila turun di Stasiun Al Bidda atau West Bay-Qatar Energy, pengunjung perlu berjalan kaki sekira 1-2,6 km menuju lokasi keriaan.

Baca juga: Qatar tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022
Baca juga: Warga Ternate antusias saat tonton Piala Dunia 2022
Pemandangan di Stasiun Metro Corniche yang menuju langsung ke Al Bidda Park, Doha, Qatar, lokasi penyelenggaraan FIFA Fan Festival Piala Dunia 2022, sebagaimana dikunjungi Sabtu (26/11/2022). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Begitu turun dan keluar dari Stasiun Corniche, pengunjung hanya perlu berjalan sekira 300 meter hingga mendapati gerbang masuk FIFA Fan Festival.

Sulit menafikkan kesan bahwa Piala Dunia adalah sebuah ajang bisnis yang dibalut turnamen olahraga, sebab sesudah melewati pos pemeriksaan di FIFA Fan Festival pengunjung akan langsung disodorkan pada toko resmi FIFA Store yang menjual beragam pernak pernik maupun cenderamata khas Piala Dunia 2022, jersey tim-tim peserta, hingga kaos memorabilia Piala Dunia edisi terdahulu.

Bagi pengunjung yang bisa meneguhkan hati untuk tidak berbelanja atau mampu memberikan alasan menolak titipan oleh-oleh, Anda bisa langsung berbelok kiri dari depan FIFA Store untuk menuju area panggung.

Apabila sedang ada pertandingan tengah berlangsung, layar besar di area panggung akan menyiarkan langsung. Di tiap jeda pertandingan panggung bakal diisi jajaran penyanyi dan DJ, termasuk Trinidad Cardona penyanyi lagu tema Piala Dunia 2022 "Hayya Hayya (Better Together)" yang dijadwalkan tampil di FIFA Fan Festival pada 1 Desember.

Di seberang kiri panggung terdapat anjungan milik beberapa sponsor resmi Piala Dunia 2022 seperti Adidas yang menyediakan lapangan mini bernama Al Rihla Arena, merujuk pada nama bola produksi mereka yang menjadi bola resmi Piala Dunia 2022.

Kemudian ada pula anjungan dari Kia yang menyediakan wahana laiknya mini-golf bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: Eden Hazard akui masa "Generasi Emas" tim nasional Belgia sudah lewat
Sepasang bapak anak tampak menikmati wahana sepak bola serupa mini golf di salah satu anjungan FIFA Fan Festival Piala Dunia 2022 di Al Bidda Park, Doha, Qatar, Sabtu (26/11/2022). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Tepat di seberang kedua anjungan itu terletak FIFA Museum, yang cukup menjadi magnet bagi para pengunjung FIFA Fan Festival untuk menyimak berbagai memorabilia dan catatan sejarah tentang Piala Dunia sejak edisi inagurasi pada 1930 hingga 2018.

Bagi pengunjung yang haus dan lapar, terdapat banyak gerai makanan dan minuman baik itu untuk dikonsumsi sembari menikmati keriuhan di depan panggung maupun yang menyediakan meja dan kursi untuk aktivitas makan-minum.

Bagi pemilik tiket pertandingan juga bisa langsung menuju stadion tujuan masing-masing dari hub bus antarjemput yang berada di pintu keluar FIFA Fan Festival. Seperti transportasi umum lainnya, tarif digratiskan bagi pemegang kartu Hayya.

Informasi harian dari FIFA yang dirilis Jumat (25/11) menyebutkan bahwa FIFA Fan Festival mencapai puncak kunjungan tertinggi sementara pada Kamis (24/11), di mana sepanjang hari tercatat sedikitnya 98 ribu pengunjung menyambangi Al Bidda Park sepanjang hari itu.

Baca juga: Bek timnas Swiss optimistis Brazil bisa dikalahkan
Baca juga: Bocah Indonesia jadi pendamping Ronaldo jelang pecahkan rekor

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022