Menparekraf ingin musik Indonesia saingi Korea Selatan

Menparekraf ingin musik Indonesia saingi Korea Selatan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat kegiatan “Bacarita Santai dengan Pelaku UMKM Kota Ternate” di Hotel Bukit Pelangi, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (26/11/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap musik, film dan ragam jenis ekonomi kreatif Indonesia bisa menyaingi Korea Selatan yang telah mendunia.

"Mudah-mudahan ekonomi kita menggeliat, juga jenis musik dan ekonomi kreatif kita bisa menyusul Korea biar bisa dikenal dunia," kata Sandiaga dalam acara yang dihadiri oleh aktor Korea Song Joong Ki, di Jakarta, Minggu.

Bila Korea punya K-pop, Sandiaga mengatakan kepada Song Joong Ki bahwa Indonesia juga punya jenis musik yang sama-sama digemari, yakni Dakop alias Dangdut Koplo.

Song Joong Ki hadir ke Indonesia sebagai brand ambassador sebuah perusahaan teknologi dan Sandiaga berterima kasih atas andil sang aktor dalam membantu mengenalkan beragam produk serta layanan sehingga UMKM kian dikenal.

"Saya berterima kasih kepada Song Joong Ki karena bantu memeriahkan UMKM," kata Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga di Ternate (26/11), mengatakan para pelaku UMKM baik di bidang kuliner, fesyen, dan kriya masih membutuhkan sentuhan-sentuhan dan pelatihan khusus terkait digitalisasi, peningkatan kapasitas, dan pendampingan.

Saat ini adalah momentum pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang naik 12 posisi mengungguli Malaysia dan Vietnam, katanya.

Sektor pariwisata tumbuh menciptakan 400.000 lapangan pekerjaan, sedangkan ekonomi kreatif sebanyak 700.000 lapangan kerja sehingga total sebanyak 1,1 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada tahun ini. Sementara itu, target sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2024 mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja.

Baca juga: Song Joong Ki dapat ucapan terima kasih dari Sandiaga Uno

Baca juga: Sandi minta pelaku UMKM fokus tingkatkan kapasitas usaha

Baca juga: Sandiaga taruh harapan besar terhadap Poltekpar NHI Bandung

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

FTS PDO CONNECTION ERROR: SQLSTATE[HY000] [2002] Connection refused