Martapura (ANTARA) - Para pebalap enduro dunia mengakui keindahan alam Pegunungan Meratus di kawasan Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang menjadi lintasan kejuaraan motor trail bertaraf internasional "Uncle Hard Enduro" 2022, Minggu.

Graham Jarvis asal Inggris misalnya, mengaku antusias kembali mengikuti Uncle Hard Enduro yang menjadi edisi kedua setelah gelaran pertama tahun 2019 karena ia terpikat pada lintasan yang berada di tengah keindahan panorama alam khas pulau Kalimantan.

"Mata kita terhibur dengan indahnya alam di Kiram Park, sungguh surganya untuk hard enduro," ucap Graham kepada ANTARA.

Hal senada disampaikan Wade Young dari Afrika Selatan yang juga penuh semangat mengikuti kembali Uncle Hard Enduro di provinsi berjuluk "Bumi Lambung Mangkurat" itu.

"Indahnya pemandangan Pegunungan Meratus yang bisa dilihat sepanjang lintasan menjadi keunggulan kompetisi enduro di Indonesia," kata dia.

Menurut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor  gelaran kompetisi enduro kelas dunia memang didasari keinginan mengenalkan objek wisata alam yang menjadi keunggulan provinsi yang terdiri dari 13 kabupaten dan kota itu.

Apalagi Pegunungan Meratus kini telah diusulkan untuk diakui Unesco sebagai geopark hingga alamnya benar-benar dijaga termasuk tradisi sosial budaya masyarakat yang mendiaminya.

"Dari cerita 14 pembalap top dunia inilah kami harapkan Pegunungan Meratus semakin dikenal di mancanegara dan ke depannya wisatawan asing semakin banyak yang datang ke Kalsel," kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin.
Graham Jarvis asal Inggris beraksi di lintasan "Uncle Hard Enduro" 2022. (ANTARA/Bayu Pratama Syahputra)


Selain kawasan Kiram Park di Kabupaten Banjar yang lintasan enduronya tersambung hingga ke Kabupaten Tanah Laut, gubernur juga ingin destinasi wisata alam unggulan Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus tumbuh dibanjiri wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kami pun mengajak para rider yang punya waktu lebih lama di Kalsel untuk menikmati bambu rafting di Loksado yang telah lama dikenal dunia," ucap dia.

Kejuaraan trail enduro bertaraf internasional "Uncle Hard Enduro" 2022 yang berlangsung sejak Jumat (25/11) hingga Minggu (27/11) menobatkan pebalap muda asal Bulgaria Teodor Kabakchiev Smilenov sebagai juara.

Dia mengalahkan juara dunia extreme enduro Graham Jarvis yang hanya menduduki peringkat empat di klasemen akhir di bawah pembalap Alfredo Gomez asal Spanyol di posisi kedua dan Mario Roman asal Spanyol di posisi ketiga.


Baca juga: Teodor Kabakchiev Smilenov juara Uncle Hard Enduro 2022 di Kiram Park
Baca juga: Iwan Fals tampil di "Uncle Hard Enduro" Kalsel
Baca juga: Teodor Kabachiev rajai race prologue "Uncle Hard Enduro" Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022