Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Basuki Hadimuljono berpesan kepada tim dayung Indonesia untuk tetap menjaga kekompakan sehingga bisa terus berprestasi di kejuaraan-kejuaraan internasional.

Hal tersebut disampaikan Basuki saat menyambut kepulangan tim dayung Indonesia yang telah mengikuti Kejuaraan Asia Perahu Naga di Rayong, Pattaya, Thailand, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu.

Basuki yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu berpesan agar para atlet terus bekerja keras menjaga prestasi dan kekompakan dalam pertandingan-pertandingan berikutnya.

"Semua prestasi harus tetap dipertahankan untuk Asian Games 2023, caranya hanya satu yakni kompak. Mempertahankan prestasi tidak mudah, tetapi akan bisa kalau kita tetap kompak," kata Basuki dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Basuki juga berterima kasih dan menyampaikan rasa bangga atas perolehan 11 emas yang didapat para atlet dayung Indonesia di Kejuaraan Asia Perahu Naga ke-14 itu.

Baca juga: Indonesia pulang dengan 11 emas dalam Kejuaraan Asia Perahu Naga 2022

Tim Dayung Indonesia mengikuti 12 nomor lomba dari 15 nomor yang dipertandingkan dengan menurunkan kekuatan 37 personel terdiri atas 15 atlet putra, 15 atlet putri, 4 pelatih, 1 manajer, dan 1 ofisial.

Tim Dayung Indonesia menjadi juara umum dengan raihan 11 medali emas dan 1 medali perunggu. Medali emas didapat dari perlombaan jarak 1.000 meter di nomor perahu kecil 12 pedayung campuran, putri, open, dan perahu standar 22 pedayung campuran. Kemudian 500 meter di kategori perahu kecil 12 pedayung campuran, putri, open, dan perahu standar 22 pedayung campuran, 200 meter perahu kecil 12 pedayung putri, 200 meter perahu kecil 12 pedayung campuran, dan nomor 200 meter perahu standar 22 pedayung campuran.

Keberhasilan Tim Indonesia merupakan hasil dari persiapan yang telah dilakukan sejak awal Januari lalu yang juga merupakan bagian persiapan tim untuk mengikuti Asian Games 2022, yang ditunda ke tahun depan.

Adapun personel atlet dipilih dari hasil PON Papua serta hasil pantauan para pelatih nasional melalui program pencarian bakat (Talent Scouting) serta hasil review dan seleksi Tim Kemenpora dalam membentuk Tim Nasional.

Baca juga: Rowing fokus ke Olimpiade Paris setelah capai target SEA Games 2021
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022