Tangerang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang Banten membuka donasi untuk membantu korban musibah gempa bumi di Cianjur, yang dapat dikirimkan ke rekening bank maupun melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

"Mari kita bantu saudara kita yang tengah tertimpa musibah. Semoga bantuan kita dapat meringankan beban mereka," kata Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Baznas Kota Tangerang Sobrun Jamili dalam keterangannya di Tangerang, Senin.

Bagi masyarakat yang ingin mengulurkan bantuan bisa mengirimkan ke kantor Baznas Kota Tangerang atau ke nomor rekening BSI 588 855 8870 dan Bank BJB 01158 1110 1001.

Baca juga: Bupati Cianjur siapkan tiga lokasi relokasi bagi korban gempa

Baca juga: Jasad ayah peluk putrinya, ditemukan SAR gabungan di Cugenang


Hingga saat ini sudah ada sejumlah UPZ masjid yang menyalurkan bantuan melalui Baznas, di antaranya masjid Masjid Baitul Izzah Rp10 Juta, Masjid Al Hidayah Rp10 juta, Masjid Darul Ihsan Rp6 juta, dan Masjid Al Muhlisin Rp5 juta.

Makum Mustofa, Ketua UPZ Daarul Ihsan Poris Plawad mengatakan dana yang diperuntukkan bagi korban gempa Cianjur dihimpun dalam waktu singkat. Warga sekitar masjid antusias dan peduli terhadap saudaranya yang tengah tertimpa musibah.

"Kami berhasil menghimpun uang sebanyak Rp5,89 juta dalam waktu singkat usai shalat Ashar. Waktu itu kami umumkan dan alhamdulillah langsung terhimpun," kata Makum.

Makum menuturkan alasan mengirimkan bantuan melalui Baznas karena dinilai sebagai lembaga yang dipercaya publik dan amanah dalam kegiatan sosial.

"Harapan kami sedikit bantuan dari kami dapat meringankan saudara kami yang tengah tertimpa musibah di Cianjur," ujarnya.

Berdasarkan data sementara untuk pengumpulan dana bantuan bagi korban gempa di Cianjur oleh Baznas Kota Tangerang sebesar Rp219 juta. Selain itu, Baznas Kota Tangerang juga mengirimkan tiga orang relawan untuk bergabung dengan tim tanggap bencana (BTB) pusat dan Jawa Barat.

Baca juga: Basarnas perpanjang operasi SAR gempa Cianjur selama tiga hari

Baca juga: Bupati Cianjur: Butuh tenda-tenda kecil bagi pengungsi


Keberangkatan relawan pada Rabu (23/11). Selain ditugaskan untuk membantu evakuasi dan distribusi logistik, juga untuk melakukan inventarisasi kebutuhan penyintas gempa bumi Cianjur.

Baznas Kota Tangerang telah mengirimkan bantuan pada Jum'at (25/11) yang di pimpin Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Tangerang Danni Budianto didampingi Hilyaningsih, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan beserta relawan.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022