Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 mengagendakan tur Eropa tahun depan setelah babak grand final selesai dilaksanakan.

Direktur PT SSS International Azwan Karim, penyelenggara turnamen, mengatakan potensi mencari pengalaman bertanding ke luar negeri sangat terbuka. Namun, tapi kesempatan itu bukan rangkaian dari pelaksanaan tahun ini melainkan seri tahun depan.

"Tahun depan, setelah melakukan pembicaraan bahwa 2023 akan kita gelar lagi. Jadi harus latihan keras lagi dengan begitu tahun depan bisa lebih diperlihatkan lagi. Bahkan ada kemungkinan kita akan ikut challenger di Asia Tenggara, Asia atau bahkan di ajang internasional, seperti ke Eropa," ujar Azwan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

"Ini karena kita ingin parameter tidak hanya di Indonesia tapi juga ingin tahu level kita dimana."

Baca juga: Bima Perkasa rasakan kerasnya persaingan di FIBA 3x3 World Tour

Hal tersebut, menurut Azwan, dilakukan untuk membantu Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menyiapkan talenta-talenta muda. Sehingga, bakat yang ditemukan juga akan terpantau oleh federasi yang bertanggung jawab terhadap basket nasional.

"Untuk season depan yang akan dimulai Februari, kami akan coba laksanakan di luar Jawa. Ada Bali dan Sumatera masuk nominasi. Kami ingin membantu menyajikan pemain potensial hingga ke daerah," kata Azwan.

Partai puncak, yang digelar di Cilandak Town Square (Citos) 26-27 November, menampilkan 32 tim terbaik dari masing-masing provinsi yang disinggahi turnamen yang disponsori oleh Bank Mandiri tersebut.

Perjuangan mereka ke "The Finals" berawal dari penyisihan kota yang diputar di Jakarta pada 17 Maret lalu. Kemudian bergeser ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Total turnamen edisi perdana ini diramaikan 3.231 atlet dari 839 tim di Indonesia.

Kayla Fakhira, pemain dari SMAN 3 Cibinong mengaku sangat senang dengan turnamen ini. Apalagi selama di "The Finals" semua fasilitas disiapkan oleh panitia penyelenggara. Mulai dari penginapan, akomodasi, dan makan.

Baca juga: Indonesia 3x3 Tournament memasuki final setelah digelar di lima kota
Baca juga: Bima Perkasa bertolak ke Hong Kong ikuti FIBA 3x3 World Tour Masters

"Fasilitas ini sangat membantu. Jauh dari Bogor. Jadi kalau dikasih penginapan di Jakarta bagus. Fasilitas yang diberikan oke, sangat membantu. Pertemuan dengan tim-tim dari daerah lain juga membuat saya menambah teman. Kami bisa kenalan dan ngobrol juga," kata Kayla.

Bank Mandiri, selaku sponsor utama turnamen mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan ini hingga akhirnya mendapatkan sang juara nasional di masing-masing kategori.

Vice President KC Jakarta Fatmawati Bank Mandiri Dini Erlinda menegaskan akan selalu mendukung kegiatan anak bangsa, terutama bola basket.

"Saya bangga berada di sini, di tengah anak-anak muda hebat Indonesia. Pastinya Bank Mandiri akan siap support untuk setiap aktifitas kegiatan anak Indonesia," ujar Dini.

"Setelah perjalanan panjang beberapa bulan, Mandiri senang support kegiatan ini bahkan nanti kalau perlu ke luar negeri," imbuhnya.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022