Pekanbaru (ANTARA) - Tim Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru, Riau membongkar sindikat internasional pengedar narkoba dengan meringkus seorang bandar dan menyita uang tunai senilai Rp3,2 miliar.

Kepala Polresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi di Pekanbaru, Senin mengatakan bandar narkoba berinisial RAM (25) ditangkap di rumahnya di Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, belum lama ini, setelah melakukan serangkaian pengejaran di beberapa tempat. Pelaku sempat  buron selama enam bulan.

Baca juga: Kejati DKI terima kembali berkas perkara Irjen Pol. Teddy Minahasa

Pengejaran ke berbagai kota di Indonesia bahkan hingga ke Semarang, Bandung, Padang dan beberapa kota lain. Akhirnya, pelaku berhasil diringkus saat kembali ke rumahnya di Kabupaten Bengkalis.

Kombes Pol Pria Budi menyebutkan dalam penangkapan di rumahnya pada 21 November lalu itu turut diamankan uang tunai sejumlah Rp3,2 miliar yang merupakan uang hasil penjualan barang haram tersebut.

"Selain uang tunai Rp3,2 miliar, diamankan pula satu unit mobil Honda Civic Turbo dan sejumlah buku tabungan," sebutnya saat pengungkapan kasus di Mapolresta Pekanbaru.

Di sejumlah buku rekening yang di dalamnya tersimpan uang Rp160 juta. Saat ini pihak Polresta Pekanbaru telah mengajukan pembekuan terhadap rekening tersebut.

Sementara, uang tunai ini merupakan serangkaian dengan transaksi narkoba sejak tahun 2021.

"Uang ini berkaitan serangkaian pengungkapan narkoba sebelumnya dan masih dikembangkan terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU)," lanjut Pria Budi.

Saat ini Satresnarkoba Polresta Pekanbaru masih melakukan pengejaran terhadap seorang pelaku berinisial R yang merupakan penyedia narkoba tersebut.

"Jadi RAM ini merupakan bos dari kasus 45 ribu ekstasi yang diungkap enam bulan lalu. RAM ini merupakan bandar internasional," sambungnya.

Atas perbuatan, RAM dijerat Pasal 114 Ayat 2 atau pasal 112 Ayat 2 Jo 132 UU RI No 35 2009. Terkait TPPU, ia dijerat Pasal 345 UU RI No 8 tahun 2010.

Baca juga: Polres Singkawang amankan IRT pengedar Narkoba
Baca juga: Polisi Jambi ringkus tiga pemuda pengedar sabu di Gentala Arasy
Baca juga: BNN kampanye "Sing Against Drugs" ajak anak muda jauhi narkoba

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa F
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022