Banda Aceh (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0101/Kota Banda Aceh (Kodim 0101/KBA), Kodam Iskandar Muda, menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banda Aceh melakukan tes narkoba terhadap prajurit.

Tes narkoba dalam bentuk uji urine tersebut berlangsung di Aula Makodim 0101/KBA di Banda Aceh, Senin, yang diikuti puluhan prajurit dan disaksikan Komandan Kodim (Dandim) 0101/KBA Letnan Kolonel Inf Andy Bagus serta Kepala BNNK Banda Aceh Masduki.

Dandim 0101/KBA Letnan Kolonel Inf Andy Bagus mengatakan tes urine tersebut merupakan langkah progresif dan upaya serius serta komitmen dalam mewujudkan prajurit di lingkungan satuan Kodim 0101/KBA terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Tentunya, kita semua mengetahui narkoba adalah pelanggaran berat di TNI dan ancamannya jelas. Apabila terkena masalah narkoba, maka hukuman terberat adalah dipecat,” kata Andy Bagus.

Andy Bagus mengatakan tes urine tersebut merupakan deteksi dini terhadap narkoba. Dari tes tersebut diketahui siapa saja prajurit TNI AD yang terindikasi menggunakan narkoba.

“Saya yakin, dengan niat baik dan tekat yang kuat, kita bisa ciptakan diri sendiri, keluarga dan lingkungan kita terbebas dari narkoba,” kata Andy Bagus.

Oleh karena itu, perwira menengah TNI AD itu mengingatkan para prajurit Kodim 0101/KBA untuk tidak mendekati narkoba. Jika terlibat narkoba, yang dirugikan tidak hanya prajurit itu sendiri, tetapi juga keluarga dan satuan tempatnya bertugas.

“Sayangilah istri dan anak karena apabila kita mendapatkan masalah itu berarti juga akan menjadi masalah buat keluarga. Maka, jauhilah narkoba,” kata Andy Bagus

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022