Depok (ANTARA) - Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (DGB UI) bersama dengan Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (MDGB PTNBH) menyelenggarakan Rapat Pleno Anggota MDGB PTNBH yang menghasilkan rekomendasi persiapan generasi emas Indonesia 2045.

Ketua MDGB PTNBH 2022-2023, Prof. Harkristuti Harkrisnowo dalam keterangannya, Senin, mengatakan kami menyadari bahwa guru sebagai investasi yang sangat penting bagi Indonesia dan ini merupakan salah satu investasi utama ketika kita mau menuju Indonesia Emas 2045.

Harkristuti yang juga Ketua DGB UI lebih lanjut mengatakan karena produk-produk yang dihasilkan oleh para guru inilah yang mengarahkan kemana Indonesia mau pergi. MDGB PTNBH memiliki cita-cita yang tinggi dan utamanya adalah bagaimana para guru besar di Indonesia ini bisa memberikan kontribusi yang spesifik dan konkret kepada pemerintah.

Pada pelaksanaan rapat pleno, dihasilkan beberapa rekomendasi dari komisi yang ada di MDGB PTNBH.

Baca juga: BKKBN: Perpres 72/2022 tekankan milenial sebagai penentu generasi emas

Baca juga: Menjaga generasi emas dari serangan metabolik


Terkait dengan komisi Pengembangan Norma, Etika, Budaya Akademik, dan Integritas Moral disepakati untuk berperan dalam koordinasi, sinergi, referensi, konsultasi, dan penyusunan commonalities dalam sistem atau norma besar yang menginspirasi penyusunan dan penegakan kode etik antar PT yang dapat bervariasi.

Selain itu, komisi ini juga mengusulkan penyusunan etika riset dan publikasi. Komisi pengembangan keilmuan dan pemikiran strategis, mengusulkan pemetaan kepakaran masing-masing PTNBH dan juga mengusulkan prodi terbaik di masing-masing PTNBH untuk pendirian Universitas Nusantara yang mendukung dan memastikan struktur demografi pembangunan IKN.

Komisi pengembangan sumber daya insani perguruan tinggi, memberikan beberapa solusi masa depan PTNBH agar pemerintah tetap mengalokasikan ASN baru dan non-ASN serta mendapatkan anggaran untuk Non-ASN, yang kesemuanya untuk menjaga regenerasi keilmuan.

Selanjutnya, diusulkan pemetaan atau road map untuk analisis jabatan serta memberikan masa transisi untuk dapat melaksanakan di setiap PTN serta review peraturan pemberian gelar profesor kehormatan.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengatakan para guru besar terutama sebagai pemikir bangsa ikut bertanggung jawab atas arah pembangunan pengembangan bidang pendidikan untuk Indonesia.

Selain itu, agar Indonesia memiliki rencana strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya menyiapkan Generasi Emas 2045.*

Baca juga: Pemenuhan hak anak penting guna wujudkan Indonesia Emas 2045

Baca juga: Menko PMK dorong Untan wujudkan kualitas generasi Indonesia Emas 2045

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022