Kita juga sudah mempunyai kesepakatan lokal
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berkomitmen menanam pohon produktif jenis alpukat Cipedak di Kecamatan Jagakarsa sebagai ciri khas di daerah itu.

"Kita juga sudah mempunyai kesepakatan lokal seperti di Srengseng Sawah, di RW 9. Siapapun yang membangun di situ harus menanam pohon alpukat Cipedak yang menjadi buah ciri khas Jakarta Selatan,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Munjirin mengimbau masyarakat harus bisa memanfaatkan waktu untuk menanam pohon walaupun jumlahnya sedikit.

Mengingat menanam pohon punya banyak manfaat mulai dari penghijauan, mengurangi emisi karbon, menambah kecantikan pemandangan, hingga untuk jangka panjang bisa mencegah terjadinya banjir.

Baca juga: Camat dan lurah di Jakbar diperintahkan budayakan tanam pohon

"Kalau tak salah jumlahnya sampai dengan saat ini sudah dari Oktober sampai sekarang sudah 1.600 pohon dari 10 kecamatan,"tambahnya.

Disebut Munjirin, pemilihan lokasi di Kecamatan Jagakarsa memang sudah terkenal asri dan rindang, sehingga ia menyarankan lokasi berikutnya seperti di Mampang dan Setiabudi agar penanaman pohon tersebar di berbagai wilayah.

"Di Kecamatan Jagakarsa ini yang memang sudah rindang, sudah enak dan warga masyarakatnya selalu ditekankan untuk mempertahankan itu semuanya,"ujarnya.

Munjirin menuturkan penanaman pohon alpukat Cipedak ini merupakan bagian dari penanaman pohon aksi tanam 1.000 pohon dan menebar benih ikan bersama PLN di Hutan Kota Ciganjur, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Senin (28/11).

Baca juga: Pemkot Jaksel tanam ratusan pohon produktif di Mampang

Gerakan tersebut telah gencar dilakukan sejak Oktober 2022 dan akan terus berlanjut serta dilakukan oleh seluruh elemen pemerintahan di Jakarta Selatan.

Sementara itu, Manager Umum atau General Manager (GM) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Dodi Pangaribuan menambahkan penanaman pohon juga dilakukan di lokasi lain.

Menurut Dodi, keterbatasan lahan ruang terbuka hijau di Jakarta menjadi alasannya turut ikut beraksi menanam pohon bersama Pemerintahan Kota Jakarta Selatan. 

Dodi menegaskan pihaknya akan terus merawat tanaman sebagai langkah kecil dalam pelestarian lingkungan.

Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng PKL tanam dan rawat pohon di jalan Mangga Besar

"Yang dilakukan di sini juga dilakukan di beberapa lokasi di induk Jakarta Raya dengan kita tanam 70 batang pohon dan sisanya di lokasi lain,"katanya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022