Ini adalah suatu bentuk komitmen dari Enablr.id untuk terus meningkatkan service level kepada para partner kami dan juga dalam rangka penguatan organisasi. Karenanya, kami mengambil langkah untuk lebih selektif dalam memilih kerja sama partner, serta
Jakarta (ANTARA) - Start-up penyedia solusi e-commerce PT Sinergi Digital Pusaka atau Enablr.id memilih untuk menggenjot produktivitas perusahaan sebagai langkah strategis  menghadapi resesi, alih-alih menekan biaya sumber daya manusia (SDM) atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya.

Perusahaan melakukan seleksi yang ketat dalam kerja sama dengan partner bisnis potensial, yang telah dilakukan sejak kuartal II 2022.

"Ini adalah suatu bentuk komitmen dari Enablr.id untuk terus meningkatkan service level kepada para partner kami dan juga dalam rangka penguatan organisasi. Karenanya, kami mengambil langkah untuk lebih selektif dalam memilih kerja sama partner, serta meningkatkan potensi partner-partner kami saat ini," kata CEO Enablr.id Yohan Christian dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Kendati pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali ke level historisnya sebesar lima persen seperti pra-pandemi, nilai perbaikan ekonomi yang positif itu banyak ditanggapi dengan isu resesi global yang diprediksi akan terjadi pada 2023.

Baca juga: TipTip raih investasi seri A senilai 13 juta dolar AS

Pakar ekonomi menyatakan bahwa fenomena resesi terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama, yaitu economic recession ditandai dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut.

Sementara itu tipe kedua, yaitu trust recession atau kuasi resesi, ditandai dengan gejala psikologis masyarakat seperti rasa cemas dan kekhawatiran berlebihan yang diakibatkan oleh narasi yang disebarluaskan dan menciptakan negativity bias.

Enablr.id sebagai perusahaan omnichannel commerce enabler menanggapi isu resesi sebagai peluang yang berpotensi, jika dilakukan dengan jeli dan cermat.

"Kami percaya tetap ada peluang di masa resesi. Salah satu keunggulan Enablr adalah agility, di mana sebagai perusahaan yang belum memiliki excess baggage, Enablr dapat mengambil kesempatan untuk melakukan seleksi dalam mengakuisisi partner bisnis yang potensial," ujar Yohan.

Baca juga: Pengamat: Indonesia jauh dari risiko resesi

Salah satu langkah strategi manajerial yang dilakukan oleh Enablr.id ialah penerapan ‘Lean Management’. “Saat ini perseroan berfokus kepada value, sehingga semua inisiatif yang dikembangkan memiliki dampak terhadap produktivitas sambil tetap mempertahankan efisiensi.

Ia menambahkan, Enablr.id juga memanfaatkan peran teknologi secara maksimal untuk menciptakan value stream dan berfokus pada pemanfaatan aspek-aspek yang memang esensial di dalam bisnis.

Strategi yang diterapkan Enablr.id pun berdampak kepada penandatanganan kerjasama baru dengan beberapa perusahaan nasional dan multinasional, sehingga Enablr.id siap meraih peluang di tengah isu resesi pada tahun depan.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022