Jakarta (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev pada Senin (28/11) menandatangani sebuah dokumen kerja sama saat kedua negara memperingati tiga dekade terjalinnya hubungan diplomatik pada tahun ini.

Deklarasi peringatan 30 Tahun Hubungan Diplomatik antara Rusia dan Kazakhstan memuat 37 pasal dan menetapkan sejumlah upaya untuk memperdalam kerja sama bilateral dalam bidang politik, ekonomi, pertahanan, budaya, pendidikan, perawatan kesehatan, pemuda, dan olahraga.

Sebelum meneken dokumen itu, Putin dan Tokayev berpartisipasi dalam Forum Kerja Sama Antarkawasan Rusia-Kazakhstan ke-18 via tautan video yang digelar di Kota Orenburg, Rusia, serta mengadakan pembicaraan di Kremlin.

"Ini merupakan kunjungan perdana Tuan Tokayev setelah terpilih kembali sebagai presiden Kazakhstan. Dalam konteks ini, hal tersebut memiliki makna simbolis. Itu menggarisbawahi sifat khusus dari hubungan kami," kata Putin dalam pertemuan itu.

"Bagi Kazakhstan, Rusia telah dan tetap menjadi mitra strategis kami, sebuah negara yang memiliki ikatan mendalam dengan kami di berbagai sektor," balas Tokayev.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022