Bengaluru (ANTARA) - Ekuitas energi dan perawatan kesehatan memimpin pasar saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Selasa, menyusul dukungan kuat dari Asia di mana sentimen didorong oleh spekulasi bahwa China dapat melonggarkan pembatasan COVID-19 setelah protes baru-baru ini.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa menguat 0,3 persen pada pukul 08.05 GMT. Indeks menandai sesi terburuknya dalam hampir dua minggu pada Senin (28/11/2022) di tengah protes di China dan kekhawatiran tentang pembatasan COVID yang memukul pertumbuhan ekonomi di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Saham-saham Asia reli dengan kuat karena mereka menunggu konferensi pers dari pejabat kesehatan China untuk meningkatkan taruhan bahwa kerusuhan publik baru-baru ini dapat mendorong pelonggaran sebelumnya dalam pembatasan COVID-19.

Baca juga: Demonstrasi di China yang langka pukul pasar komoditas global

Komisi Kesehatan Nasional China mengeluarkan pemberitahuan untuk meningkatkan vaksinasi COVID untuk orang tua dan mempersingkat waktu antara vaksinasi, sementara seorang pejabat kesehatan mengatakan keresahan itu berasal dari penerapan yang terlalu bersemangat daripada tindakan itu sendiri.

Di antara isyarat ekonomi, investor akan mengamati data inflasi Jerman untuk November - diperkirakan menurun dari bulan sebelumnya - di kemudian hari, serta data kepercayaan konsumen akhir November untuk zona euro.

Baca juga: IHSG sedikit melemah, ikuti koreksi bursa saham global
Baca juga: Saham China dibuka menguat, Indeks Shanghai naik 0,57 persen



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022