pria berusia 44 tahun tersebut "telah menjalani perawatan intensif dengan ventilator sejak 9 Oktober
Buenos Aires (ANTARA) - Argentina mencatatkan kematian pertama akibat cacar monyet (monkeypox), yakni seorang pria dewasa dengan penyakit bawaan, demikian diumumkan Kementerian Kesehatan negara itu pada Senin (28/11).

Dalam sebuah buletin, pihak kementerian mengatakan bahwa pria berusia 44 tahun tersebut "telah menjalani perawatan intensif dengan ventilator sejak 9 Oktober," seraya menambahkan bahwa pria itu memiliki faktor risiko HIV/AIDS.

Hingga 22 November, negara Amerika Selatan itu telah melaporkan total 895 kasus cacar monyet, naik 3,46 persen secara mingguan, menurut data resmi

Lebih dari 66,4 persen kasus terkonfirmasi tercatat di Kota Buenos Aires, yang bersama dengan provinsi Buenos Aires dan Cordoba, menyumbang 94,9 persen kasus infeksi nasional, lapor buletin tersebut.

Sementara itu, kasus infeksi telah dilaporkan di 15 dari 24 provinsi di Argentina sejak kasus pertama terdeteksi pada 27 Mei, sedangkan usia rata-rata kasus yang dilaporkan adalah 35 tahun, dengan rentang usia 10 hingga 78 tahun.

Kementerian Kesehatan Argentina membentuk sebuah tim kerja untuk pengawasan dan rekomendasi khusus bagi tim kesehatan dan penduduk setelah kasus pertama penyakit cacar monyet di negara-negara nonendemik dilaporkan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022