Beijing (ANTARA) - Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri China (MFA) Yue Xiaoyong mengunjungi Indonesia pada 25-27 November 2022, demikian menurut informasi yang diperoleh dari MFA di Beijing, Selasa, setelah Yue bertemu dengan Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI Yohannes Prasetyo, salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Alissa Wahid, dan beberapa politikus serta akademisi.

Yue menjelaskan posisi dan kebijakan China terkait Afghanistan.

Ia menjelaskan posisi penting Indonesia dan kesiapan China meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan Indonesia untuk membantu Afghanistan dalam menciptakan stabilitas, meredakan kekacauan, membangun pemerintahan yang inklusif, dan melaksanakan pembangunan demi terjaganya stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Menurut Yue, ajakan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemitraan strategis komperehensif China-Indonesia.

Yue juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia dalam menggelar Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali yang dihadiri banyak kepala negara atau pemerintahan, termasuk Presiden China Xi Jinping.

Dalam kesempatan itu pula dia menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi baru-baru ini di Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: Enam menlu tetangga Afghanistan hadir di China, Indonesia bicara
Baca juga: Menlu RI dan tiga negara ASEAN lainnya kunjungi China
Baca juga: China akan gelar temu menlu tetangga Afghanistan, Indonesia diundang

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022