Marilah kita hidupkan, meriahkan siskamling,
Jakarta (ANTARA) - Polsek Tambora mengeluarkan imbauan agar seluruh warga kembali meningkatkan aktivitas sistem keamanan lingkungan (siskamling) di setiap RW untuk mencegah tindak pencurian sepeda motor (curanmor).

"Marilah kita hidupkan, meriahkan siskamling, perlindungan masyarakat (linmas), pemasangan CCTV dan peringatannya, terakhir dilengkapi dengan portal," kata Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama kala berdialog dengan warga, Selasa.

Siskamling dinilai efektif karena warga lebih mengetahui seluk beluk wilayah masing-masing. Dengan demikian, warga bisa mengantisipasi titik mana saja yang dinilai rawan akan tindak pencurian sepeda motor.

Selain itu, penggunaan portal penutup jalan di seluruh RW di 11 kelurahan Tambora dinilai cukup efektif dalam menangkal aksi pencurian sepeda motor.

Penutupan dan penjagaan portal di jam-jam tertentu akan membuat para pencuri kesulitan untuk masuk ke wilayah maupun keluar saat membawa sepeda motor curian.

"Pemasangan portal adalah salah satu solusi tepat, efektif dan efisien untuk mencegah curanmor, sudah sangat terbukti berdasarkan data," kata Putra.

Sambil mengandalkan dua hal tersebut, Putra juga memastikan anggotanya akan melakukan patroli rutin untuk memantau lokasi rawan pencurian.

Patroli itu akan dilakukan secara rutin oleh petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Dengan upaya tersebut, dia berharap warga dan petugas kepolisian bisa semakin kompak dalam mengamankan wilayah dari aksi pencurian.
Baca juga: Polisi tangkap pencuri di 10 toko dan gudang di Tambora
Baca juga: Polisi dampingi keluarga cocokkan jasad korban banjir Bogor di RSCM
Baca juga: Kasus penembakan warga gunakan "airsoft gun" di Tambora diselidiki

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022