Film ini sejalan dengan bukunya, berbicara tentang hal yang personal bagi banyak orang
Jakarta (ANTARA) - Film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” garapan sutradara Adriyanto Dewo ditayangkan perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2022 pada Selasa, bertempat di Studio 2 Empire XXI, Yogyakarta.

Menurut pihak produksi, penayangan perdana tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari para penikmat film. Hal tersebut ditandai dengan tiket yang sudah habis dipesan beberapa hari sebelum film tersebut ditayangkan.

“Terima kasih untuk antusiasnya pemutaran di JAFF 2022. Film ini sejalan dengan bukunya, berbicara tentang hal yang personal bagi banyak orang, tentang menghadapi kegagalan, berdamai dengan luka dan trauma, tentang menerima keadaan, tentang menjadi bijaksana setelah berpisah," kata Adriyanto dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: "Keluarga Cemara" tayang perdana di Jogja-Netpac Asian Film Festival

Adriyanto berharap film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” bisa dinikmati penonton, terutama penonton dewasa muda. Dia juga berharap film ini bisa menyuarakan perasaan patah hati karena tidak semua harapan manusia bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” dibintangi oleh Lutesha, Daffa Wardhana, Fandy Cristian, dan Aksara Dena. Diangkat dari buku “Eminus Dolere: Panduan Mempersiapkan Perpisahan” karya Arman Dhani, film ini bercerita tentang kisah cinta Barra dan Demi.

Baik Barra dan Demi keduanya tiba-tiba dipertemukan dan saling merasa nyaman. Namun, perbedaan visi mereka dalam melihat cinta dan komitmen membuat satu sama lain kesulitan memaknai hubungan hingga mengalami patah hati.

Lutesha, yang juga hadir dalam pemutaran perdana di JAFF 2022, menyampaikan harapan dan keyakinannya bahwa film yang dia bintangi dapat mewakili pengalaman banyak orang.

"Bahwa ada hal-hal yang menurut kita ingin kita perjuangkan bersama dia yang kita pilih, tapi ternyata orang itu tidak memiliki goals yang sama dengan kita untuk hubungan ini, dan film ini menggambarkan cerita itu dengan rasa yang luar biasa,” kata Lutesha.

Sebagai informasi, penayangan film “Panduan Mempersiapkan Perpisahan” merupakan bagian dari Bioskop Online Day at JAFF 2022, yang merupakan kolaborasi perdana antara Bioskop Online dan JAFF 2022. Film ini nantinya juga akan tayang di platform Bioskop Online pada pertengahan Januari 2023.

Baca juga: JAFF 2022 bawa tema "Blossom", rayakan kreativitas dan sinema

Baca juga: JAFF 2022 resmi dibuka dengan pemutaran "Piknik Pesona"

Baca juga: Festival film berperan dalam literasi dan apresiasi sinema

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022