Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Sosial telah meluncurkan aplikasi Satu Data untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam mengungkapkan, adanya aplikasi Satu Data ini karena pelayanan kesejahteraan sosial dinilai susah dan sulit bagi masyarakat.

"Untuk menjawab tantangan dari masyarakat ini, kita dari Sudinsos melaksanakan inovasi menciptakan aplikasi Satu Data untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam di Jakarta, Rabu.

Abdul mengatakan, secara garis besar aplikasi ini tujuannya untuk mempercepat proses berbagai pelayanan bagi masyarakat.

"Salah satu contoh, pelayanan rekonteks yang membutuhkan waktu biasanya sekitar empat sampai lima hari, dengan adanya pelayanan Satu Data ini akan memangkas dua atau tiga hari untuk proses pelaksanaannya," katanya.

Baca juga: Mudahkan warga, pelayanan publik UMKM buka di Pasar Pagi Mangga Dua

Dalam hal ini, dia juga mengatakan untuk sementara aplikasi ini hanya mencakup lima kecamatan di Jakarta Pusat.

"Aplikasi ini hanya mencakup lima kecamatan, yaitu Kecamatan Gambir, Sawah Besar, Tanah Abang, Kemayoran dan Menteng," ungkapnya.

Abdul berharap aplikasi ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang di Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jakarta.

"Aplikasi ini dapat diunduh masyarakat, awalnya lima kecamatan. Selanjutnya dengan harapan jangka menengah aplikasi ini diterapkan di seluruh wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," katanya.

Untuk tujuan jangka panjang aplikasi ini bisa digunakan di lingkup Dinas Sosial Provinsi Jakarta.

Abdul mengungkapkan penciptaan aplikasi ini, dalam rangka mengikuti kepemimpinan administrator tingkat empat yang dilaksanakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Pelayanan di Kelurahan Harapan Mulia gunakan "drop box"

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengapresiasi inovasi dari Sudinsos Jakarta Pusat yang telah menciptakan langkah untuk perubahan dengan tema satu data dalam pelayanan kesejahteraan sosial.

"Aktivitas sosial selalu mewarnai kehidupan kita sehari-hari sehingga dalam pelaksanaannya pasti akan butuh kecepatan respon dari jajaran Dinas Sosial DKI Jakarta," katanya.

Menurut dia, aplikasi ini merupakan upaya Sudinsos mendekatkan diri dan memudahkan masyarakat untuk mendapat layanan kesejahteraan sosial.

Namun Dhany mengingatkan aplikasi merupakan alat bukan tujuan sehingga layanan kesejahteraan sosial harus lebih optimal.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022