Jakarta (ANTARA) - Manajer tim bola voli putra LavAni, Ossy Dermawan mengatakan pemain muda Fahry Septian Putratama bakal menggantikan peran Doni Haryono dalam gelaran Proliga 2023.

Seperti diketahui, LavAni bakal tampil tanpa Doni yang musim ini memperkuat VC Nagano Tridents untuk berlaga di Liga Bola Voli Jepang, V.League 1.

Pada Proliga 2022, Doni menjadi pemain kunci hingga akhirnya LavAni sukses menjadi juara dalam debutnya di kompetisi bola voli profesional paling bergengsi di Tanah Air tersebut.

Meski tanpa Doni pada musim ini, lanjut Ossy, LavAni tetap memiliki deretan pemain muda potensial yang bisa diandalkan pada kompetisi tahun depan.

Adapun Fahry pada Proliga musim lalu memperkuat Kudus Sukun Badak. Dia menjadi sorotan setelah tampil ciamik meski gagal membawa Badak Sukun ke final four.

Dia juga turut andil membawa timnas bola voli Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2021 (bergulir 2022) di Vietnam.

"LavAni menambah pemain muda potensial Fahri Septian Putratama untuk menggantikan peran Doni Haryono," kata Ossy kepada ANTARA via pesan singkat, Selasa.

Baca juga: LavAni pertahankan dua pemain asing untuk Proliga 2023

Selain Fahri, tim yang didirikan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono juga menambah kekuatan dengan tiga pemain muda lainnya.

Mereka adalah Jordan Susanto, Yohannes Dedi, dan Dawuda yang bakal melapis pemain utama seperti Boy Arnes, Daffa Naufal, Hendra Kurniawan, dan Irpan.

Pemain lokal akan dipadukan dengan dua pemain asing Jorge Gonzalez Garcia (Kuba) dan Leandro Martins da Silva (Brazil) yang musim lalu juga andil membawa LavAni menjadi juara Proliga 2022.

Sekadar mengingatkan, pada 2022 dari 18 pemain LavAni yang turun hanya tiga pemain yang memiliki pengalaman bermain di Proliga yakni Doni, Dio Zulfikri, dan Muhammad Malizi.

Selebihnya adalah pemain debutan dan muda. Meski demikian, LavAni sukses menjadi yang terbaik.

Pada Proliga 2023, LavAni di bawah pelatih anyar asal Kuba Nicolas Vives Coffigny akan bersaing dengan Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru Jakarta Bhayangkara.

Sementara enam tim putri yang bersaing di Proliga 2023 yakni Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, serta tim pendatang baru Jakarta BIN.

Kompetisi Proliga 2023 ini akan berlangsung di delapan kota yakni Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Solo.

Bandung menjadi kota pembuka pada 5 Januari 2023 dan berakhir di Yogyakarta pada 19 Maret 2023.

Baca juga: Pelatih timnas Kuba tangani Bogor LavAni untuk Proliga 2023
Baca juga: Peserta Proliga 2023 wajib daftarkan tujuh pemain sebelum 7 Desember
Baca juga: Jadwal dan lokasi pertandingan Proliga 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022