Kita juga harus menentukan kriteria yang bijak, kelompok pertama yang di atas 65 tahun
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Anugerah Musik Indonesia memberikan apresiasi terhadap musisi senior dengan memberikan BPJS Ketenagakerjaan selama 5 tahun.

Melalui AMI Peduli salah satu program Pengurus AMI 2022 – 2025 yang bekerjasama dengan Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) dan didukung oleh Bank BRI, program ini bermaksud mengajak para musisi senior mendapatkan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan melalui skema khusus yang selaras dengan Gerakan M20.

Ketua Umum Yayasan AMI Candra Darusman mengatakan banyak faktor yang melatarbelakangi inisiatif ini. Namun, faktor yang paling utama adalah keinginan AMI untuk memberikan penghargaan kepada para musisi senior yang telah berjasa membangun, melestarikan, memajukan musik Indonesia selama kariernya.

Baca juga: Yayasan AMI nilai musisi muda Tanah Air makin menjanjikan

"Ini penghargaan non piala. Ini untuk musisi senior dan musisi tradisi. Oleh karena itu, kami membentuk AMI Peduli. Kenapa musisi senior, karena kita akui dari muda dan lanjut kita rentan bekerja, bangun vertigo, bukan mendoakan tapi kita harus membuktikan bahwa tubuh manusia tidak bisa dibohongi," ujar Candra dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Ada dua program yang akan diberikan oleh AMI Peduli yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Untuk kelompok pertama, akan ada 50 musisi yang menerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan selama 5 tahun. Kriteria musisi yang senior yang akan menerima bantuan ini adalah yang berusia di atas 65 tahun.

Candra mengatakan pihaknya memiliki tim khusus yang akan menyeleksi siapa saja musisi yang berhak menerima bantuan.

"Kita juga harus menentukan kriteria yang bijak, kelompok pertama yang di atas 65 tahun, karena refleksnya berkurang. Kami tidak melihat genre, insyallah nantinya kru juga akan dapat. Memang yang seleksi nama-namanya dari AMI," kata Candra.

Candra berharap apa yang dilakukan oleh AMI Peduli saat ini bisa diteruskan oleh para musisi muda dan membuat program lain yang dapat mensejahterakan musisi di Indonesia.

Baca juga: Tulus ungkap kebahagiaan raih 7 piala AMI Awards 2022

Baca juga: Lagu tema IBL masuk nominasi AMI Awards

Baca juga: Daftar lengkap nominasi Anugerah Musik Indonesia 2022

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022