Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru mengerahkan 1.098 personel gabungan untuk mengawal kegiatan balap sepeda internasional Tour de Siak, 1—4 Desember 2022.

Apel gelar pasukan Tour de Siak dipimpin langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Pria Budi di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu sore.

"Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan ini dengan melaksanakan pengamanan event berkelas internasional ini," ucap Pria Budi.

Pada Tour de Siak ini sudah ada lima tim yang mendaftar dari luar negeri dan delapan tim nasional dari berbagai daerah di Tanah Air.

Ribuan personel gabungan ini akan dikerahkan dan ditempatkan di berbagai titik guna pengamanan jalannya kegiatan Tour de Siak yang berawal dari Kabupaten Siak dan berakhir di Kota Pekanbaru.

"Suksesnya acara ini tentu akan mengangkat muruah dan nama baik Provinsi Riau. Maka, mari lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas ini dengan mengedepankan cara yang humanis," katanya.

Terkait dengan pelaksanaan pengamanan arus lalu lintas selama event di Pekanbaru berlangsung, Kepala Satuan Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina menyatakan bahwa pengamanan dengan cara sistem buka tutup.

Pada saat rombongan pembalap akan melintas, petugas akan memberhentikan arus lalu lintas untuk sementara sampai rombongan pembalap Tour de Siak melintas.

"Sekitar 5—10 menit sebelum rombongan melintas, personel akan memberhentikan sementara. Setelah rombongan melintas, akses lalu lintas akan dibuka kembali," kata Gitta.

Baca juga: Kapolri diupayakan buka Tour de Siak 2022
Baca juga: Riau percepat perbaikan jalan lintas dukung kelancaran Tour De Siak

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa F
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022