Kalau makeup sebenarnya yang perlu disiapkan itu kulitnya ya
Jakarta (ANTARA) - Make Up Artist atau penata rias profesional Upan Duvan membagikan kiat mempersiapkan wajah untuk dirias agar bisa tercipta hasil yang optimal.

Ia menyebutkan salah satu yang utama ialah memilih skincare yang tepat agar kulit bisa lebih segar sebelum mulai dirias.

"Kalau makeup sebenarnya yang perlu disiapkan itu kulitnya ya. Aku sarankan untuk pilih pembersih, cleanser, hingga pelembap yang sesuai jenis kulitnya dan tepat," kata Upan saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Empat tren makeup di 2023 berdasarkan tipe-tipe kepribadian

Jenis kulit yang dimaksud oleh Upan ialah seperti berminyak, sensitif, kering, ataupun berjerawat.

Dengan rangkaian perawatan kulit yang tepat maka anda telah menyiapkan satu langkah baik untuk membuat riasan wajah bisa lebih optimal.

Secara khusus untuk riasan di hari-hari besar seperti untuk wisuda ataupun menjelang pernikahan, ada baiknya pilih rangkaian perawatan wajah yang tidak bersifat eksfoliasi.

Hal itu dimaksudkan agar riasan tidak bercampur dengan sel-sel kulit yang terkelupas akibat produk perawatan.

"Kalau misalnya pakai produk khusus dari dokter, bilang aja ke dokternya kalau mau nikah jadi milih produk yang non-pengelupasan," ujar pria yang kerap merias selebriti Tanah Air itu.

Baca juga: Kosmetik "transferproof" dinilai akan menjadi tren hingga tahun depan

Memilih tampilan sesuai dengan waktu serta kegiatan juga perlu dilakukan agar riasan bisa optimal.

Misalnya untuk riasan di siang hari, anda bisa memilih riasan yang lebih alami dengan sentuhan warna yang lebih halus.

Sementara untuk di malam hari, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan maka anda bisa memilih warna-warna yang lebih eksentrik untuk menambah atraksi.

"Karena kalau di malam hari gak ada matahari, adanya rembulan. Cahayanya berkurang. Jadi otomatis warna-warna yang dipilih harus lebih kuat atau pakai eyeliner-nya lebih tebal dikit gitu ya," kata Upan.

Setelah menyiapkan kulit dan gaya tampilan sesuai acara serta waktu, maka terakhir pilihlah produk riasan yang sesuai jenis kulit.

Mulai dari jenis dan bentuk primer, foundation, perona wajah, dan eyeshadow.

"Cari yang cocok dan sesuai kulit ya. Misalnya kalau kering cari produk makeup-nya yang ada kolagennya biar lembap,pokoknya harus pinter-pinter pokoknya kayak milih pasangan jangan asal-asalan," ujarnya.

Baca juga: Kiat riasan "glass skin" layaknya aktor drama Korea

Baca juga: Dokter ungkap pentingnya antioksidan untuk kulit wajah

Baca juga: Dokter kupas mitos dan fakta soal kecantikan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022