Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan bahwa pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

“Saya kira yang paling penting bagaimana proses investasi yang ada di daerah itu mudah, murah, cepat. Tentu kerja sama antardaerah dengan melihat potensi market Indonesia yang juga gede, itu juga mesti menjadi pertimbangan,” katanya usai menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar Pranowo menanggapi arahan Presiden Joko Widodo saat membuka acara.
Baca juga: Ganjar: SMKN Jateng wujud investasi SDM untuk tanggulangi kemiskinan

“Saya sepakat dengan arahan Presiden Jokowi, khususnya terkait kemudahan pelayanan investasi. Jawa Tengah siap memberikan layanan terbaik,” ujar Gubernur.

Mantan anggota DPR RI ini menegaskan bahwa persoalan terkait pungutan liar, perizinan dipersulit dan semacamnya, tidak boleh terjadi di Jateng. Di sisi lain, dukungan ketersediaan lahan juga diberikan dengan tidak terpaku pada kawasan industri saja.

“Di kabupaten/kota kan sebenarnya ada industri pariwisatanya yang bisa tumbuh, terus kemudian yang memang lebih banyak labor intensive ya itu juga mesti kita jaga agar komunikasi baik, orang senang, agar mereka juga mendapatkan perhatian maka kondusifitas yang hari ini mesti dijaga,” kata Ganjar Pranowo.
Baca juga: BI: Konsumsi dan investasi Jateng pada triwulan II alami kontraksi

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jawa Tengah, tercatat realisasi investasi mengalami peningkatan setiap tahun.

Pada 2016 realisasi investasi mencapai Rp38,18 triliun, 2017 tercatat Rp51,54 triliun, 2018 menjadi Rp59,27 triliun, 2019 berkembang hingga Rp59,50 triliun.

Pada 2020, akibat COVID-19 investasi turun menjadi Rp50,24 triliun. Kemudian, Pada 2021 merangkak naik menjadi Rp52,71 triliun, dan pada 2022 sampai Triwulan III Rp44,99 triliun.

Pada 2022 ini, tercatat dari Triwulan I hingga IIII, penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp26,82 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp18,17 triliun, dengan total Rp44,99 triliun. Dengan jumlah 14.704 proyek dan serapan pekerja hingga 170.757 orang.

Baca juga: Pengusaha Jatim ketagihan investasi di Jateng karena tidak ada pungli
Baca juga: BEI Jateng II tambah sepuluh galeri investasi pasar modal
Baca juga: CJIBF 2022 tawarkan puluhan peluang investasi


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022