Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (30/11) mulai dari penyaluran beberapa bantuan sosial (bansos) oleh PT Pos Indonesia sudah mencapai 60 persen hingga Program BBM Satu Harga Pertamina telah melayani kebutuhan energi masyarakat di 402 wilayah di Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Penyaluran bansos

PT Pos Indonesia (Persero) menyebutkan realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap 2, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mencapai lebih dari 60 persen dalam waktu kurang dari sepekan.

Executive Vice President Regional 1 PT Pos Indonesia Dino Ariyadi menyebutkan penyaluran BLT BBM tahap 2 sebesar 66,31 persen, PKH 67,24 persen, dan BPNT 66,72 persen dari 21 hingga 28 November 2022.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Lapangan kerja baru

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) sekaligus mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan circular economy atau ekonomi sirkular mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030.

Transisi ke ekonomi sirkular akan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp593 – 638 triliun atau setara dengan 2,3 – 2,5 persen PDB pada 2030.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Beras Bulog

Kementerian Pertanian menyampaikan informasi sebanyak 610.632 ton beras di penggilingan 24 provinsi Indonesia tersedia dan siap untuk diserap oleh Bulog guna memenuhi stok beras baik Cadangan Beras Pemerintah (CBP) maupun komersil.

Koordinator Data Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Batara Siagian mengatakan Direktorat pihaknya telah melayangkan surat resmi ke Direktur Utama Perum Bulog mengenai data beras berikut lokasinya secara terperinci.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Lima risiko global

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengingatkan Indonesia harus mewaspadai lima potensi risiko global karena akan mempengaruhi stabilitas dan pemulihan ekonomi dalam negeri.

“Kita perlu mewaspadai lima permasalahan ini dari prospek ekonomi global,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. BBM Satu Harga

Program BBM Satu Harga Pertamina kini telah melayani kebutuhan energi masyarakat di 402 wilayah dalam 125 kabupaten Indonesia sejak 2017, usai peresmian lembaga penyalur di tiga wilayah secara serentak yaitu Nias Selatan, Sambas, dan Hulu Sungai Selatan.

"Langkah ini adalah bukti Pertamina dalam menjamin ketersediaan energi yang terjangkau di seluruh wilayah Indonesia,” kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022