Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menilai program bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dia mengakui bahwa Kemensos memang sangat gencar melakukan berbagai terobosan program-program pemberdayaan sosial untuk rakyat miskin dan nominal bantuannya semakin meningkat.

"Seperti program RST ini, besaran penyaluran nya mengalami peningkatan signifikan yaitu Rp20 Juta per Kepala Keluarga (KK) per unit. Sedangkan tahun lalu, besarannya sekitar Rp15 Juta, saat itu programnya disebut perbaikan Rumah Tak Layak Huni (RTLH)," kata Yandri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakan Yandri saat menyerahkan secara simbolis bantuan RST dari Kemensos kepada 200 orang warga Kabupaten Serang, Banten, Rabu (30/11). Bantuan tersebut dalam bentuk pemberian dana untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni, sebesar Rp20 juta per-KK.

"Saya apresiasi dan berterima kasih kepada Kemensos, Bank Mandiri, dan para Kepala Desa yang sudah mendata secara cermat dan teliti para penerima manfaat program RST ini," ujarnya.

Baca juga: Kemensos sediakan LDP bantu atasi kecemasan penyintas gempa Cianjur

Baca juga: Mensos kerahkan kendaraan operasional tembus daerah terpencil Cianjur


Yandri juga memastikan bahwa bantuan yang diberikan, jumlahnya utuh dan tidak akan ada potongan apa pun. Namun, dia meminta para penerima program RST untuk bersyukur, manfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya, dan menggunakannya dengan bertanggung jawab.

Hal itu dikatakan Yandri karena di antara ribuan pengusul rumah tidak layak huni di Kabupaten Serang, tidak semuanya dikabulkan.

"Bapak Ibu yang terpilih termasuk yang beruntung sehingga harus manfaatkan bantuan ini dengan bertanggung jawab. Karena diharapkan akan terlihat perubahan kondisi rumah yang ditempati sebelum dan sesudah mendapatkan bantuan RST, tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yandri memberikan bantuan RST kepada beberapa perwakilan masyarakat penerima manfaat. Selanjutnya, secara bertahap dari tanggal 1-5 Desember 2022, bantuan RST sudah diterima masyarakat penerima bantuan secara keseluruhan dengan dukungan Kepala Desa setempat untuk kelancaran penyaluran.

Yandri juga memberikan bantuan minyak goreng untuk kebutuhan rumah tangga.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022