Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia melonjak pada perdagangan Kamis, sementara dolar merosot karena investor masuk ke aset-aset berisiko setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell membuka pintu bagi perlambatan laju pengetatan moneter.

Dalam pidato yang ditunggu-tunggu, Powell mengatakan bank sentral dapat mengurangi laju kenaikan suku bunganya "segera setelah Desember", tetapi memperingatkan perang melawan inflasi masih jauh dari selesai.

Komentar Powell di Brookings Institution di Washington mengirim dolar AS dan imbal hasil obligasi pemerintah lebih rendah, sementara saham melonjak dengan indeks MSCI saham Asia-Pasifik di luar Jepang 1,65 persen lebih tinggi.

Indeks membukukan kenaikan bulanan terbesarnya dalam hampir 30 tahun pada November, karena harapan perubahan arah Fed menuju kenaikan suku bunga yang lebih lambat mengumpulkan dukungan setelah empat kali kenaikan 75 basis poin berturut-turut. Namun indeks masih turun sekitar 17,8 persen sejauh tahun ini.

Indeks Nikkei Jepang berakhir menguat 0,92 persen, indeks S&P/ASX 200 Australia ditutup 0,96 lebih tinggi dan indeks KOSPI Korea Selatan bertambah 0,30 persen.

Di China, indeks saham unggulan CSI 300 ditutup naik 1,08 persen dan indeks Hang Seng Hong Kong berakhir naik 0,75 persen, karena investor menyambut tanda-tanda relaksasi pembatasan anti-COVID China yang ketat.

Harapan telah tumbuh di seluruh dunia bahwa China, sementara masih berusaha menahan infeksi, dapat membuka kembali di beberapa titik tahun depan setelah mencapai tingkat vaksinasi yang lebih baik di antara para lanjut usia.

Aktivitas pabrik China menyusut pada November karena pembatasan yang meluas mengganggu produksi produsen, sebuah survei sektor swasta menunjukkan pada Kamis, membebani lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga.

Pasar Eropa akan melanjutkan suasana pengambilan risiko, dengan indeks berjangka Eurostoxx 50 menguat 1,29 persen, DAX berjangka Jerman 1,31 persen lebih tinggi dan FTSE berjangka naik 0,36 persen. E-mini berjangka untuk S&P 500 naik 0,26 persen.

Kepala penelitian regional ING Robert Carnell mengatakan akan sangat sulit sekarang bagi The Fed untuk melawan ekspektasi pasar atas perlambatan kenaikan suku bunga.

"Tampaknya Ketua Fed Powell tidak mendapatkan memo untuk melawan harapan perubahan arah dan menjaga kondisi keuangan tetap ketat sebelum dia memberikan pidatonya," katanya.

"Jadi, mari berharap inflasi terus turun, atau ini mungkin terlihat seperti peluang yang terlewatkan."

Pasar saat ini menilai probabilitas 91 persen bahwa Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada 14 Desember, dan melihat peluang 9,0 persen untuk kenaikan 75 basis poin lainnya.

Dolar telah menguat terhadap setiap mata uang utama tahun ini, didorong oleh kenaikan suku bunga Fed yang sangat besar untuk menjinakkan inflasi yang panas. Tetapi harapan akan perubahan dalam kebijakan Fed telah memacu taruhan pada puncak suku bunga, dan greenback, mungkin dalam pandangan.

Indeks dolar - yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama termasuk yen dan euro - memperpanjang penurunan lebih dari 1,0 persen pada Rabu (30/11/2022) hingga Kamis, turun 0,28 persen lebih lanjut menjadi 105,48.

Investor melihat pidato Powell sebagai sinyal FOMC akan menjadi lebih bijaksana dalam memutuskan kenaikan suku bunga di masa depan, kata Steve Englander, kepala penelitian valas global G10 Standard Chartered.

"Powell tidak terlalu dovish, tetapi dengan komentar sebelumnya yang terlihat sengaja hawkish, kumpulan komentar ini berlabuh 50 basis poin sebagai kenaikan yang hampir pasti terjadi pada Desember," tambahnya.

Sementara itu, imbal hasil surat utang negara 10 tahun turun 8,5 basis poin menjadi 3,616 persen, sedangkan imbal hasil obligasi negara 30 tahun turun 7,8 basis poin menjadi 3,745 persen.

Imbal hasil obligasi AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, turun 3,5 basis poin menjadi 4,337 persen.

Yen Jepang menguat 1,19 persen versus greenback di 136,43 per dolar, sementara sterling diperdagangkan terakhir di 1,2101 dolar, naik 0,37 persen hari ini.

Baca juga: Wall Street berakhir naik tajam didorong pernyataan Ketua Fed Powell
Baca juga: Harga minyak melemah di sesi akibat ketidakpastian OPEC+
Baca juga: Emas tergelincir 3,80 dolar, investor bereaksi terhadap pidato Powell

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022