Jakarta (ANTARA) - Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu memuji penyelenggaraan kejuaraan dunia esport IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Merusaka, Nusa Dua, Bali.

Menurut Marinescu keprofesionalan datang tidak hanya dari panitia penyelenggara tetapi juga dari pemerintah Indonesia dan federasi esport nasional Pengurus Besar Esport Seluruh Indonesia (PB ESI).

"Sangat menyenangkan melihat kepemimpinan, datang dari setiap departemen yang mendukung kami, dari Komite Olimpiade, dari Kementerian Olahraga, dari pemerintah itu sendiri, esport federasi PB ESI," ujar Marinescu kepada Antara usai konferensi pers persiapan penyelenggaraan kejuaraan esport dunia di Bali, Kamis.

Baca juga: Atlet esport berbagai negara tiba di arena kejuaraan dunia Bali

"Melihat semua orang mendukung acara dengan kecakapan mereka dan pengalaman mereka benar-benar akan menunjukkan sebuah ajang kejuaraan dunia dalam 10 hari ke depan yang akan dikenang selamanya."

Dengan kecakapan dan ekosistem esport Indonesia saat ini Marinescu percaya Indonesia akan berada di podium selama kejuaraan nanti. Dia melihat begitu banyak orang Indonesia yang memiliki talenta di bidang esport.

"Feeling saya kita akan melihat banyak kejutan di kejuaraan dunia ini. Dari 105 negara, kita pasti akan melihat Indonesia di podium," kata Marinescu.

Lebih jauh, Marinescu meyakini Indonesia akan menjadi pemimpin pasar karena memiliki orang-orang yang benar-benar bersemangat dalam bidang esport.

"Dan, yang lebih penting mengubah mentalitas untuk memahami bahwa esport dapat menjadi jalur karier, dan platform pendidikan akan membuat lebih banyak orang lebih berdedikasi," ujar Marinescu.

Baca juga: Taiwan Excellence dukung IESF World Esports Championship 2022 di Bali

"Kedepannya esport di Indonesia akan terus tumbuh, berkembang dengan cara yang benar, kalian punya leader yang tepat, kalian punya orang yang tepat yang pasti mencintai esport dan mencintai masyarakat Indonesia, itu menjadi basis kalian untuk masa depan," imbuhnya.

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 akan secara resmi dibuka pada 2 Desember di Merusaka, Nusa Dua Bali, dan berlangsung hingga 11 Desember 2022.

Kejuaraan dunia esport tersebut mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Baca juga: PB ESI lepas atlet untuk berlaga di kejuaraan dunia esport

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022