Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka melonjak ke tertinggi tiga bulan pada Kamis, didukung oleh Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell yang mengisyaratkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil ke depan, dan China memperlunak nadanya pada aturan COVID-19 yang ketat.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terdongkrak 0,9 persen pada pukul 08.10 GMT, setelah melonjak 6,8 persen pada November, bulan terbaiknya sejak Juli.

Saham sektor teknologi dan industri termasuk di antara dorongan terbesar di awal perdagangan.

Saham energi turun membatasi kenaikan untuk indeks yang lebih luas karena harga minyak melemah di tengah ketidakpastian menjelang pertemuan OPEC+ pada Minggu (4/12/2022).

Investor tampaknya mengabaikan data yang menunjukkan penjualan ritel Jerman turun lebih tajam dari perkiraan pada Oktober karena inflasi membuat konsumen menahan pembelian yang tidak penting pada awal kuartal keempat.

Pemberi pinjaman HSBC tergelincir 1,9 persen. Pada Rabu (30/11/2022) HSBC mengumumkan kemungkinan penjualan bisnisnya di Selandia Baru dan berencana untuk menutup 114 cabang di Inggris, dalam penghematan terbaru oleh bank karena berusaha untuk meningkatkan pengembalian di tengah kritik dari investor top.

Baca juga: Wall Street berakhir naik tajam didorong pernyataan Ketua Fed Powell
Baca juga: Saham Asia naik, dolar melemah seiring melambatnya kenaikan suku bunga
Baca juga: Harga minyak melemah di sesi akibat ketidakpastian OPEC+

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022