Rangkaian "skincare" simpel diperkirakan jadi tren di 2023

Rangkaian "skincare" simpel diperkirakan jadi tren di 2023

Ilustrasi -Wanita menggunakan perawatan kulit. ANTARA/HO-Pexels.

Jakarta (ANTARA) - Rangkaian perawatan kulit atau skincare yang simpel dan ringkas diperkirakan akan menjadi tren pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ahli dermatologi dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV yang menyebutkan saat ini minat masyarakat mulai beralih ke perawatan kulit yang lebih sederhana.

"Jadi waktu pandemi memang yang rangkaian 10 step gitu booming ya. Tapi di 2023 tren skincare yang muncul adalah orang cari produk untuk bikin kulit glowing tapi cara pakainya simpel," kata dokter Dewi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Dokter kupas mitos dan fakta soal kecantikan

Tren itu berubah juga ikut dipengaruhi oleh kegiatan masyarakat yang mulai padat dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19.

Rangkaian produk perawatan kulit yang diperkirakan akan memenuhi kebutuhan sederhana itu terdiri dari pembersih atau cleanser, toner, serum, pelembap. dan juga tabir surya.

Produk-produk yang menghidrasi kulit juga diperkirakan akan menjadi tren mengingat saat ini banyak masyarakat khususnya wanita yang mendambakan kulit bercahaya atau glowing serta lembut.

"Terlihat juga menyambut 2023 ini banyak lokal brand yang pakai bahan atau kandungan untuk skin hydration kayak ceramide. Kurang lebih seperti itu trennya," katanya.

Industri produk kecantikan dan perawatan kulit di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir terbukti bertumbuh.

Hal itu terefleksi dari data milik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyebut terdapat peningkatan 20,6 persen untuk perusahaan yang mendaftarkan produk kecantikan dan perawatan diri.

Dari persentase tersebut, sebagian besar yakni 83 persen didominasi oleh para pelaku usaha kecil dan menengah yang berasal dari Tanah Air atau UMKM lokal.

Dengan adanya perubahan tren untuk perawatan kulit diharapkan industri lokal pun bisa semakin bertumbuh dan memenuhi kebutuhan pasar.

Baca juga: Cara mudah memperlambat proses penuaan kulit

Baca juga: Lindungi kulit dengan "sunscreen" khusus dalam ruangan

Baca juga: Sociolla ajak partisipasi pengguna tentukan produk favorit

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar