Jakarta (ANTARA) - Pada musim hujan seperti saat ini, pemilik rumah sebaiknya memperhatikan kondisi talang air dan dak beton atap hunian karena rawan mengalami kebocoran atau rembesan karena terus terguyur air.

Aquaproof dalam siaran resmi pada Jumat menjelaskan, talang air umumnya berada di tepian atap maupun di pertemuan antar-bidang atap yang berfungsi mengalirkan air hujan dari atap ke tempat lain, semisal selokan, tangki penampungan air hujan, sumur resapan dan lain sebagainya.

Talang air terdiri dari berbagai jenis, mulai dari PVC, logam hingga beton. Talang air beton memiliki keunggulan, antara lain lebih kuat, tahan lama dan punya daya tampung lebih besar dibanding talang air sejenisnya.

Kendati demikian, pemilik rumah dengan talang air beton disarankan menggunakan pelapis anti bocor untuk menghindari sejumlah masalah yang bisa timbul, antara lain permukaan retak akibat muai susut cuaca ekstrem, permukaan terkikis akibat komponen adukan beton tidak pas, hingga permukaan berpori yang bisa menyerap air hujan.

Baca juga: Tips dan trik mengecat rambut sendiri di rumah

Sebagai solusi, Aquaproof memiliki pelapis anti bocor "Aquaproof Pro" yang menggunakan formula terbaru akrilat poliuretan berperforma tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi Green Label

"Aquaproof Pro yang mempunyai sifat waterponding resistance atau ketahanan rendaman air sangat baik, sehingga cocok sekali diaplikasikan di atap dan talang beton," kata Chandra Kurniawan, Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia dalam siaran pers, Jumat.

"Selain kedap air dan menutup permukaan beton dengan sempurna, Aquaproof Pro juga tahan UV, elastis sehingga anti retak dan minim noda. Sebagai komitmen kami terhadap lingkungan, Aquaproof Pro juga telah mendapatkan sertifikasi Green Label dari Singapore Environment Council,” ungkap Chandra.

Penggunaan Aquaproof Pro untuk melapisi talang air maupun atap beton juga mudah, bisa langsung diaplikasikan di atas permukaan beton yang bersih sebanyak dua lapis dengan menggunakan kuas maupun rol, tanpa dicampur air.

Jika Anda menemukan retakan pada permukaan beton, maka dilakukan perbaikan terlebih dahulu dengan menambal retakan tersebut. Untuk mengatasi retak seukuran rambut, Aquaproof Pro dapat dengan mudah dikuas atau dirol ke celah retakan tersebut. Untuk retakan yang lebih luas Aquaproof Pro dapat dicampur dengan pasir halus (maksimal 30 mesh) dengan perbandingan volume 1:1.

Adapun untuk area dengan retakan lebar, sering adanya pergerakan dan regangan seperti sudut talang air beton, maka dapat diperkuat dengan serat Aquaproof Polyester Mesh pada lapisan pertama Aquaproof Pro yang masih basah, kemudian dilanjutkan dengan Aquaproof Pro pada lapisan kedua.

Aquaproof Pro tersedia dalam dua ukuran kemasan yaitu 4 kg dan 20 kg dengan pilihan warna putih dan abu Pro. Setiap 1 kg Aquaproof dapat melapisi bidang seluas 1 m persegi (2 lapis). Produk itu juga telah tersedia di berbagai toko bangunan maupun lokapasar Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Baca juga: Mengenal Heatgard, cat penolak panas untuk eksterior rumah

Baca juga: Biru langit diprediksi jadi tren warna cat rumah di 2022

Baca juga: Cara menjaga anak tetap sehat di rumah

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022